Jumat, 10 Agustus 2012

Cara Mengatasi Pesan Pribadi di Twitter Yang Mengganggu

twitter
Akhir-akhir ini saya terganggu sekali jika bermain di Twitterland. Banyak DM (Direct Message) atau pesan pribadi sering bermunculan yang tidak jelas. Setelah dikonfirmasi oleh si empunya akun, bahwa akunnya telah dibajak dan menyebarkan link-link tidak jelas (bisa spam atau virus). Semudah itukah akun Twitter dibajak? Atau memang dari si pemilik akun yang tidak bisa menjaga akunnya?

Jawaban :

Menurut informasi resmi dari Twitter, kemungkinan besar pembajakan akun terjadi karena korban tertipu memasukkan passwordnya ke website phising (website Twitter palsu) dan hal ini juga terjadi pada pengguna Yahoo dimana akunnya yang dibajak digunakan untuk mengirimkan spam ke seluruh kontaknya.

Hal ini marak terjadi beberapa bulan belakangan ini dan kebanyakan digunakan untuk iklan seperti mempromosikan 'work at home ... makes money' yang pada akhirnya memberi iming-iming korbannya untuk membeli starter pack (sejenis multi level marketing lebih tidak lagi dari MLM)

Kemungkinan lain adalah pilihan password yang mudah ditebak dan tidak menggunakan kombinasi huruf besar/kecil, angka dan tanda baca. Password sama dengan akun lain sehingga sekali akun lain bocor seperti kasus LinkedIn dan Yahoo maka password Twitter juga otomatis diketahui.

Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah segera informasikan rekan anda yang menyebarkan DM untuk segera mengubah passwordnya dengan password yang lebih rumit dan harusnya hal ini bisa diatasi.

Untuk lebih meningkatkan keamanan akun Twitter, Vaksincom menyarankan Anda menghubungkan nomor telepon/HP Anda dengan akun Twitter sehingga jika terjadi pembajakan akun, Anda bisa mengklaim kembali akun tersebut.

source:http://teknobiz.co.id/news/e-tips/2012/08/10/cara_mengatasi_pesan_pribadi_di_twitter_yang_mengganggu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar