Sabtu, 11 Agustus 2012

Tumbuhan Hutan yang bisa di Makan

Sedikit berbagi tentang tumbuhan-tumbuhan hutan yang dapat kita makan saat kita berpetualang atau berada di hutan untuk sekedar mencicipi atau untuk tetap survive di hutan ketika bahan makanan yang di bawa habis.
Di hutan banyak sekali tumbuhan liar dari mulai jenis rumput2an, pakis, hingga buah2aa. Pada dasarnya tumbuhan yang dimakan oleh hewan (terutama mamalia) bisa kita makan juga dan aman bagi manusia, hindari juga tumbuhan2 yang berwarna mencolok dan memiliki aroma atau bau tajam/tidak enak. di berbagai hutan di indonesia banyak sekali tumbuhan yang bisa kita manfaatkan untuk makan atau sebagai obat2an. Nama2 tumbuhan di bawah ini mungkin berbeda di tiap daerahnya masing2 jadi coba liat gambarnya juga aja ya… :D  Berikut adalah sedikit dari tumbuhan yang saya maksud:
1. Cantigi
Pohon kerdil yang tumbuh di puncak gunung dan menjadi pelindung bagi para pendaki ini ternyata buah dan pucuk daun mudanya bisa kita makan juga loh… tidak sedikit juga pendaki yang tidak mengetahui hal ini karena mungkin pas kita mendaki dan sampe puncak persediaan makanan masih melimpah dan bersisa banyak.

Cantigi

2. Murbai
Adalah jenis buah2an yang bisa dimakan, permukaan buahnya sekilas mirip dengan buah strawberi. sering kita jumpai di dataran yang memiliki suhu dingin/sejuk. Di Alun2 Suryakencana tanaman mudah kita temukan.

Murbai / Arbei

3. Cecenet
Cecenet banyak tumbuh di sawah/ladang atau lereng2 tebing atau bersuhu lembab. tumbuhan ini dapat kita makan dari buahnya… buahnya yang tertutup kulit seperti daun dan berbentuk bulat sebesar kelereng. kalau warna dari buahnya sedikit ke kuningan rasanya lumayan manis. tanaman ini juga ternyata bisa dijadikan obat2an terutama paru2 basah, sakit perut dan lain-lain.

Cecenet
4. Calingcing
Sewaktu saya masih kecil, tanaman ini sering saya cari untuk sekedar buat ngemil atau saya jadikan bahan rujak. :D .. rasanya yang asem sehingga cocok untuk di jadikan campuran manis dan pedas hihi…. calingcing biasa tumbuh diantara semak2, daun, batang dan buahnya bisa dimakan. buahnya yang mirip dengan buah belimbing hanya saja ukurannya sangat kecil. tumbuhan ini juga ternyata bisa dijadikan untuk obat demam/flu atau menghentikan pendarahan.

Cakingcing
5. Stevia
Tanaman yang rasanya manis seperti gula dan bahkan sangat cocok untuk pengganti gula pada orang penderita diabetes. tanaman ini sebenarnya berasal dari dataran amerika tetapi sekarang penyebarannya banyak tumbuh di wilayah jawa, sumatera dan bahkan sudah mulai di budidayakan.

Stevia
6. Jamur
Jamur mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita, dan bahkan anda adalah penggemar makanan jamur ini termasuk saya. Selagi di hutan anda mungkin akan menemukan berbagai jenis jamur. dan tentunya anda harus sangat hati2 dan bisa membedakan jamur yang dapat di makan dan jamur yang beracun. salah2 makan jamur bukannya bisa survive malah mungkin nyawa bisa melayang karena rata2 jamur memiliki racun yang sangat kuat dan berpotensi membunuh anda.

Jamur

7. Begonia
Adalah tumbuhan yang banyak terdapat di hutan hujan tropis… Kalau kita mendaki Gunung Gede Pangrango, tanaman ini masih sangat mudah untuk kita jumpai. Tumbuhan ini bisa kita makan pada bagian batangnya… warnanya hijau dan biasanya kulit batangnya terdapat warna merah… rasanya asem, mirip dengan rasa belimbing sayur. :)

Begonia

Mungkin itu beberapa jenis yang baru bisa saya jabarkan di sini.. karena tumbuhan yang bisa kita makan dan kita temukan di hutan sangat banyak mungkin lain kali bisa saya coba berbagi lagi.....

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar