Jumat, 16 November 2012

Berita Aneh dan Unik Terbaru Review Sekilas Internet SMART Nexian

Smart Telecom meluncurkan ponsel bundling dengan harga Rp 799 Ribu. Tidak seperti ponsel SMART yang sebelumnya diluncurkan, ponsel seri C951 milik Nexian ini dapat beroperasi di dua jaringan CDMA 2000-1x. Yup, paska merger dengan Mobile 8 yang beroperasi di frekuensi 800 MHz, Smart Nexian C591 secara otomatis akan menikmati jaringan Fren.
Smart Nexian C591 menyediakan paket gratis sepuasnya Facebook, Chatting & Browsing “SEUMUR HIDUP”. Program ini  berlaku jika nomor Smart tetap dalam masa aktif dengan melakukan isi ulang minimum Rp. 20ribu/bulan.
Jangan tertipu oleh program ini sebab hanya berlaku jika menggunakan browser Opera Mini di ponsel Smart Nexian C951 yang sudah dipaketkan bersama nomor Smart. Fitur aktif terus-terusan tidak berlaku untuk program ini, artinya jika pemilik nomor Smart dipindahkan ke ponsel lain maka secara otomatis akan berlaku tarif regular yakni Rp 0,5/KB
Paket Browsing “seumur hidup” ini juga tidak berlaku jika pelanggan melakukan download via opera mini, dan browsing melalui browser selain opera mini misalnya wap.
Buat yang gemar chatting dengan melalui aplikasi ebuddy, mig33, YM, dan MSN siaplah untuk kecewa sebab paket ini hangus dan pengguna wajib membayar Rp 0,5/KB.
Hal serupa juga terjadi saat pengguna mengakses internet menggunakan Smart Nexian C951 sebagai modem, maka anda masuk pada billing system reguler.
Diatas kertas, dalam jaringan CDMA 2000-1x, pengguna mobile internet dapat memacu browser ponselnya dengan kecepatan surfing hingga 153,6 kbps. itu berarti untuk membuka halaman Yahoo.com maka hanya membutuhkan waktu 3-5 detik. Namun lagi-lagi ini adalah hitung-hitungan diatas kertas. Karena penasaran, maka penulis mencoba untuk melakukan pengujian.
Dalam pengujian yang dilakukan penulis di Wilayah Karang Pilang, kecepatan CDMA 2000-1x pada ponsel Smart Nexian C591 bisa dibilang cukup lumayan. Bar Sinyal menunjukkan indikator penuh. Saat membuka halaman http://m.facebook.com, halaman langsung muncul dalam 6 detik. Wow Cepat? jawabnya belum, sebab ini adalah halaman mobile yang sudah dikonversi.
Smart Nexian juga dibekali dengan kabel data yang mampu melakukan charging sehingga saat ponsel digunakan sebagai modem, pengisian baterai juga bisa dilakukan. Jangan khawatir baterai anda akan rusak, karena isi ulang model USB ini cukup aman.
Berdasarkan analisa penulis, Smart tampaknya sengaja melakukan blokir pada situs peer to peer, terbukti saat membuka bit torrent tidak banyak benih file yang terkumpul. Hal serupa juga terjadi ketika membuka situs Hosting Rapidshare atau Megaupload. Masalah muncul karena ISP melakukan sambungan bersama, itu artinya Kuota Gratis yang disediakan Rapidshare dan Megaupload harus dibagi bersama pengguna Smart lainnya.
Sekedar benchmark dengan kompetitor, hal ini juga terjadi pada operator yang menyediakan layanan mobile internet. Penulis tidak yakin, Smart Telecom atau “bahkan” operator lain akan mampu mengatasi hal ini mengingat mengingat pemberian IP Static mustahil dilakukan karena hanya membuat tarif internet mahal. Wajar khan bila tarifnya murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar