Selasa, 20 November 2012

dampak kolestrol tinggi

dampak kolestrol tinggi, mungkin penyakit kolestrol ditelinga kita tidak asing lagi di zaman sekarang kerena banyak yang mengalaminya bahkan penyakit ini tidak pandang umur, tua dan muda diembat juga.

dan yang lebih membuat takut jika mengidap kolestrol tinggi kerena dampak kolestrol tinggi antara lain bisa mengundang penyakit-penyakit lain ketubuh kita  
seperti penyakit komplikasi seperti penyakit jantung koroner, penyakit hipertensi, gangguan fungsi hati, obesitas, diabetes, dan penyakit lainnya yang berpeluang hinggap pada tubuh karena kolesterol tinggi.

Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi dapat membentuk endapan pada dinding pembuluh darah. Sebagai kolesterol yang baik, HDL bertugas mengambil kolesterol jahat serta fosolipida dari darah dan menyerahkan pada lipoprotein lain, untuk diangkut kembali ke hati. Kemudian lemak akan diedarkan kembali atau dikeluarkan dari tubuh. Inilah mengapa kadar HDL tinggi justru dianggap baik.

Penyebab kolesterol Tinggi
Pada umumnya kebanyakan orang beranggapan bahwa kolesterol tinggi hanya dialami oleh mereka yang sudah tua atau orang-orang yang berbadan gemuk saja. Namun faktanya penyakit kolesterol ini dapat diderita oleh siapa saja tanpa mengenal usia karena pola makan yang tidak seimbanglah yang menjadi salah satu penyebab utamanya. Makanan yang banyak mengandung kolesterol dengan kadar lemak jenuh akan meningkatkan kadar kolesterol LDL (Low Density Lipoproteins), Trigliserida.

Berikut beberapa tips untuk mencegah peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh, diantaranya sbb :

Pilih makanan mengandung lemak yang sehat. Jangan mengkonsumsi lebih dari 10% dari kadar lemak harian dari lemak yang mengalami saturasi. Hindari jenis lemak trans. Jenis lemak yang sehat didapat dari minyak zaitun, kacang, dan minyak kanola. Almon dan walnut juga merupakan sumber lemak sehat.

Batasi kadar kolesterol. Maksimal asupan kolesterol adalah 300 mg sehari. Pada penderita jantung, jumlahnya tidak lebih dari 200 mg. Sumber kolesterol adalah daging, kuning telur, dan produk susu. Hindari makan otak, hati, usus, ginjal dan babat. Hindari juga makan kue-kue yang dibuat dari susu, kuning telur, dan mentega.

Pilih makanan yang mengandung serat misalnya buah dan sayuran. Serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Konsumsi ikan. Beberapa jenis ikan baik untuk kesehatan. Ikan tuna, ikan kod atau halibut merupakan pilihan yang sehat untuk menghindari kolesterol. Jenis ikan salmon, makarel, dan herring memiliki kadar asam lemak omega 3 yang dapat membantu mempertahankan kesehatan jantung. 

Hindari alkohol dan rokok. Alkohol dapat meningkatkan kadar kolesterol, sedangkan merokok dapat mengakibatkan aterosklerosis yang berujung pada serangan jantung dan stroke. 
Lakukan olahraga atau kegiatan untuk tubuh karena dapat memperbaiki kadar kolesterol. Lakukan setidaknya 30 menit atau jika memungkinkan 1 jam dalam sehari, misalnya menggunakan sepeda statis, berjalan cepat, atau gerakan lainnya 


artikel dampak kolestrol tinggi, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua, tapi yang pastinya jagalah kesehatan  anda, dan mencegah itu lebih baik dari pada mengobati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar