Sabtu, 17 November 2012

legenda dan mitologi, monster stronsay


Monster Stronsay adalah bangkai besar misterius atau globster yang terdampar di pesisir pulau Stronsay (waktu itu dieja Stronsa), di Kepulauan Orkney, sehabis badai yang terjadi tanggal 25 September 1808. Bangkai tersebut memiliki panjang 55 kaki, namun karena bagian ekornya tampak hilang, sesungguhnya ukurannya lebih panjang daripada itu (Catatan Wernerian Society, 1808–1810, Perpustakaan, Royal Museum, Edinburgh)

Identifikasi
Natural History Society (Wernerian Society) Edinburgh tidak mampu mengidentifikasi bangkai tersebut dan memutuskan bahwa itu adalah spesies baru,
kemungkinan sejenis naga laut. Kemudian ahli anatomi Sir Everard Home di London menolak hasil pengukuran, menyatakan bahwa ukurannya pasti sekitar 36 kaki, dan mempertimbangkannya sebagai bangkai hiu penjemur yang membusuk (bangkai hiu penjemur dapat menyerupai bentuk 'plesiosaurus semu' saat mengalami pembusukan). Tahun 1849, profesor asal Skotlandia, John Goodsir di Edinburgh membuat kesimpulan yang sama. Bagaimanapun, ukuran hiu penjemur terbesar dari catatan tepercaya menyatakan panjangnya 40 kaki, sehingga dengan panjang 55 kaki, makhluk misterius di Stronsay masih merupakan teka-teki bidang kriptozoologi.

Ciri-Ciri
Panjang Monster Stronsay adalah 55 kaki, diukur oleh tiga saksi (salah satunya merupakan tukang kayu dan yang lainnya merupakan petani). 
Lebarnya 4 kaki dan memiliki keliling sekitar 10 kaki. 
Memiliki tiga pasang 'kaki' atau 'kepak'. 
Kulitnya halus saat diraba dari kepala ke ekor dan kasar saat diraba dari ekor ke kepala. 
Di tepi siripnya terdapat bulu kejur dan tengkuknya dipenuhi bulu kejur di sepanjang punggung. 
Bulu kejurnya menyala dalam gelap saat basah. 
Isi perutnya berwarna merah.

Penjelasan
Yvonne Simpson, ahli genetika dari Orkney, telah meneliti bukti-bukti dan menyatakan bahwa mungkin sebenarnya Monster Stronsay adalah seekor hiu penjemur besar yang tak lazim, atau mungkin suatu spesies hiu yang tak diketahui yang memiliki hubungan biologis yang dekat dengan hiu penjemur. Gambar bangkai Monster Stronsay yang membusuk mirip dengan bentuk dan ukuran penggambaran "Nessie" yang terkenal. Monster itu dideskripsikan bertulang rawan daripada bertulang padat, yang sejenis dengan hiu atau hewan terkait, dan bukan plesiosaurus maupun paus. Tiga pasang anggota badannya mungkin merupakan klasper hiu jantan, namun biasanya ukuran yang jantan lebih kecil daripada milik betina dari spesies yang sama. Ada kemungkinan bahwa makhluk tersebut merupakan anggota familia regalecidae (oarfish) yang menunjukkan perbedaan yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar