Minggu, 19 Agustus 2012

fenomena Sisi Kiri

Ingin tahu mengapa burung Garuda Pancasila menghadap ke kanan? Mengapa Monalisa dalam lukisan Leonardo da Vinci berpose agak menoleh ke kiri, dengan sisi kiri wajah lebih dominan? Jawabannya mungkin ada pada hasil penelitian terbaru dari AS ini. Para peneliti menemukan bahwa sisi kiri wajah terlihat lebih menarik di dalam foto dibandingkan sisi kanan. Mungkin karena mengekspresikan emosi yang lebih jelas.
Para seniman sejati mampu menampilkan gambar-gambar yang menampilkan emosi subjek mereka. Perubahan halus dalam ekspresi wajah menunjukkan apakah seseorang sedang jatuh cinta, sedih, gembira, cemas atau marah. Karena belahan otak kanan bertanggung jawab untuk mengolah emosi dan setiap belahan otak mengontrol gerakan pada sisi tubuh yang berlawanan, emosi lebih kuat tercermin di sisi kiri tubuh, demikian kesimpulan Kelsey Blackburn dan James Schirillo dari Wake Forest University. Hasil penelitian mereka diterbitkan dalam edisi online jurnal Experimental Brain Research.
Dalam sebuah penelitian, mereka mencoba menemukan apakah hal ini memengaruhi daya tarik seseorang. Untuk itu, mereka menampilkan beberapa foto hitam-putih orang-orang dengan satu sisi wajah dominan kepada sejumlah peserta penelitian. Foto-foto pria dan wanita tersebut disajikan seperti aslinya dan dalam cermin terbalik, sehingga gambar pipi kanan tampak seperti gambar pipi kiri dan sebaliknya. Para peserta kemudian diminta untuk menilai foto-foto mana yang lebih menarik.
“Sisi kiri wajah secara konsisten dinilai lebih memiliki estetika, terlepas dari apakah itu foto asli atau terbalik,” para peneliti menulis. Hal ini berlaku baik untuk potret pria maupun wanita. Ketertarikan para peserta bahkan terukur dari pelebaran pupil mata mereka. Semakin terkesan para peserta dengan sebuah foto, semakin melebar pupil mereka.
Nah, lain kali bila Anda difoto, mungkin sebaiknya Anda berpose sedikit menoleh ke kiri!




sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar