Sabtu, 29 September 2012

Peranan Bahasa Indonesia dalam Konsep Ilmiah dan Fungsi Bahasa Indonesia Secara Umum

Peranan Bahasa Indonesia dalam Konsep Ilmiah
Secara umum bahasa dapat diartikan sebagai lambang bunyi yang dihasilkan oleh manusia sebagai cara untuk berkomunikasi antar individu. Bahasa dapat mempermudah manusia untuk mengetahui maksud dari apa yang disampaikan oleh lawan bicaranya maupun sebaliknya. Setiap negara memiliki bahasa masing-masing yang membedakan antara negara satu dan yang lainnya. Bahasa juga memberikan ciri khas pada suatu negara dan menjadi lambang atau kebanggaan bagi bangsa itu sendiri. Seperti halnya Bahasa Indonesia, merupakan bahasa yang dipakai dan digunakan oleh mayoritas orang Indonesia.

Peranan Bahasa Indonesia dapat kita lihat saat kita berbicara ataupun menulis untuk menggungkapkan hasil pemikiran. Susunan kata-kata atau kalimat yang digunakan tidak mungkin keluar begitu saja tanpa aturan. Kita harus memilih kata-kata dan menyusun kata-kata tersebut sesuai dengan aturan dalam Bahasa Indonesia. Seperangkat aturan yang mendasari pemakaian bahasa, atau yang kita gunakan sebagai pedoman berbahasa inilah yang disebut Tata Bahasa. Penggunaan Tata Bahasa yang tepat, akan mempermudah pendengar atau pembaca yang menyimak kita untuk mengerti, memahami, dan menyerap maksud dari pemikiran kita.

Fungsi Bahasa Indonesia Secara Umum
Bahasa Indonesia secara umum memiliki beberapa fungsi antara lain sebagai alat komunikasi dan sebagai alat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Berikut sedikit pembahasannya :

  1. Bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi
    Bahasa memang dipergunakan untuk menyampaikan maksud kita, kepada lawan bicara kita agar mereka memahami, mengerti, dan mengetahui maksud ucapan kita.Pemilihan kata-kata dalam berbahasa, juga berpengaruh besar terhadap ucapan kita. Karena setiap kata memiliki makna tersendiri yang bisa menjelaskan maksud tujuan ucapan kita.
  2. Bahasa Indonesia sebagai alat untuk mengembangkan ilmu pengetahuan
    Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dapat menghasilkan pemikiran yang baik juga. Penggunaan Bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi yang bersifat terbuka, membuat orang lebih mudah untuk mengembangkan dan memperluas ilmu pengetahuan khususnya untuk digunakan Bangsa Indonesia.

    Sumber :
    http://vhi3y4.wordpress.com/2010/02/27/fungsi-bahasa-sebagai-alat-komunikasi/
    http://ghembiel09.blogspot.com/2010/11/peranan-bahasa-indonesia-dalam.html
 



 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar