Selasa, 10 Januari 2012

Kiat Esemka Rajawali, 100% Mobil Produksi Indonesia

Hhaai,..hhehe kali ini saya akan posting tentang "Kiat Esemka Rajawali, 100% Mobil Produksi Indonesia"
Ternyata kawan, kini Indonesia semakin maju saja. Terbukti dengan telah dibuatnya Rajawali Kiat Esemka, mobil buatan 100% asli yang dibuat oleh anak Indonesia. Hebatnya lagi, yang membuat adalah anak-anak SMK. Sekarang, siapa bilang anak SMK tidak sepintar anak SMA?!! Nah tentu ini menjadi kebanggaan kita bersama kawan. Ayo donk mas-mas kuliahan, masa kalah sama anak SMK?hhihihi Setelah searching akhirnya saya dapat berbagai informasi dari mobil yang satu ini, mulai dari spesifikasi, fitur hingga review nya kawan. Oke langsung saja ini informasinya :
  • Mobil ini sempat menggegerkan industri otomotif Indonesia beberapa waktu yang lalu dan telah menjadi buah bibir yang memang patut diperbincangkan. Seperti namanya, mobil ini memang dirancang dan dibuat oleh anak-anak SMK, tepatnya SMK 2 Surakarta yang bekerja sama dengan Kiat Motor Klaten. Mobil ini mengusung model Mobil SUV(Sport Utility Vehicle). Mobil ini sempat menjadi mobil dinas Jokowi, walikota solo. Namun sekarang dikandangkan sementara karena belum memiliki izin di jalan. Mobil ini dibandrol dengan harga RP 95 Juta saja kawan. Cukup murah untuk mobil baru sekarang.

  • Langsung saja, kita mulai dari bodinya. Esemka tergolong beda dari SUV di Indonesia. Sepintas mobil tersebut mirip dengan Ford Everest dan Honda CR-V, meski SMK mengklaim bodinya dibuat sendiri dan ketika lihat ke belakang mirip sama Isuzu Panther. Mobil memiliki  panjang 5.035 mm, lebar 1.690 mm, dan tinggi 1.630 mm, tergolong besar untuk ukuran SUV di Indonesia. Karena desain bodinya masih dibuat dengan manual, maka celah antar panel bodi memang tidak terlalu presisi kawan. Dari luar memang mobil ini tidak kalah tampilannya dengan mobil buatan Jepang, terlihat cukup halus dan elegan. Hanya saja memang sedikit gemuk ni mobil. Untuk interiorpun cukup halus. Interiornya diselimuti dengan 4 warna, krem, coklat, silver dan wood panel di dashboard tengah, di konsol hingga ke shift knop. Pokoknya secara tampilan Mobil ini tidak kalah dengan mobil buatan luar negeri baik eksterior maupun interior.


  • Nah sekarang untuk fiturnya. Bagian dashboard tidak banyak fitur mewah, sangat sederhana. Namun fitur seperti power steering, central lock, power windows, AC dual zone, sensor parking, hingga head unit CD player, pemantik api dan dan seat belt sudah ada. Sementara untuk pengaman lain seperti airbag memang belum ada. Asyiknya lagi, handle pintu tidak mencukit lagi, tapi model handle pintu seperti All New Toyota Avanza. Menariknya dengan harga Rp 95 juta sebelum pajak, mobil 7 penumpang itu sudah tersemat ABS. Cukup canggih kan? Ada yang lebih menarik perhatian. Esemka Rajawali ini sudah sangat mengerti kondisi tinggi badan orang Indonesia yakni dengan adanya fitur tilt steering, jadi setir bisa diatur ketinggiannya sehingga kenyamanan berkendara bisa lebih baik. Enak sekali, caranya tinggal tarik stir ke atas.
Interior Kiat Esemka Rajawali 

  • Ini dia yang ditunggu, untuk mesin Esemka Rajawali bermesin 1.500cc multi point injection 4 silinder dengan 5 kecepatan yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 105 Hp pada putaran 5.500 RPM dengan torsi puncak hingga 145 Nm di 4.100 RPM. Emh,.. cc yang cukup kecil untuk body sebesar itu.
Nah itu dia dari segi body dan fitur dan spesifikasi mesinnya. Sekarang yang ditunggu-tunggu yaitu untuk review pemakaiannya.

  • langsung memasang kunci kontak dan putar ke posisi on, ngeeenggg... halus sekali mesin 1.500 cc 5 kecepatan itu.
  • Ketika duduk di kabin depan terasa lega, begitu juga kursi tengah. Sayang kursi ketiga agak sempit dan lutut penumpang bisa menyentuh bagian belakang dari kursi kedua. Terlepas dari itu, menggunakan Esemka Rajawali untuk bepergian sangat asyik, soalnya kursi belakang bisa dilipat ke atas seperti model kursi Kijang Innova. Dengan itu barang bawaan bisa lebih banyak lagi.
  • Sedangkan untuk visibilitas(penglihatan) ke depan sangat baik berkat kaca depan yang cukup lebar.
  • Tuas persneling pun dipindah ke gigi satu, kopling pun langsung dilepas dan mobil berjalan halus. Meski gigi satu bertenaga, namun sayang gas agak berat, begitu koplingnya yang sedikit keras.  Kerasnya gas dan kopling karena masih menggunakan kabel. "Ini masih pakai kabel, dan kabelnya memang harus diganti," kata Toto, Kordinator Pembelajaran Industri Kreatif di SMKN 2 Surakarta
  • Asyiknya perpindahan gigi cukup baik. Tapi disayangkan ketika gas diinjak setengah pada gigi 3, mesin masih terasa tidak bertenaga. Faktornya ternyata karena bodi terlanjur gambot sementara mesinnya hanya 1.500 cc. Faktor kurang tenaga ini sepertinya masih menjadi pekerjaan rumah bagi para siswa.
  • Sektor yang harus dibahas lainnya adalah suspensi. Kenyamanan penumpang haruslah diutamakan kan kawan? Dan terbukti, ketika melibas jalan rusak dan bergelombang, double wishbone suspension untuk depan dan pegas di belakang tergolong sesuai untuk menopang bodi Esemka. Tentunya ini menjadi poin plus untuk Esemka Rajawali.

Emh,. menurut saya pribadi siswa SMK Solo memang cukup cerdas untuk menciptakan mobil itu dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Kiat Esemka mungkin menjadi jawaban akan hausnya inovasi dari bangsa ini. Sudah lama kita ingin mobil dinas yang buatan asli negeri sendiri, tak usah Import bapak-bapak..Tentu saja mobil ini juga sangat cocok untuk dipakai sehari-hari. Sekarang mobil ini masih menjalani prosedur untuk dapat ijin jalan dan diproduksi massal, maklum birokrasi di negeri ini memang sedikit ribet. Tentu saja mobil ini sangat membutuhkan dukungan dari pemerintah baik financial ataupun non-financial. Lihat saja Merk buatan negara berkembang lain seperti Proton dari Malaysia, Lalu Mobil-mobil dan motor dari India seperti Ambassador, mereka bisa maju karena adanya dukungan dari pemerintah pula dan masyarakat luas tentunya. Jadi mari kawan-kawan, teman kita dari Solo sudah membukakan jalan untuk maju, mari kita dukung dan ikuti demi kemajuan Indonesia. Cintailah prodk dalam negeri ;)

Itu dia kawan-kawan sekilas tentang Kiat Esemka Rajawali, sebuah mahakarya dari anak bangsa Indonesia. Semoga bisa menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik lagi dan semoga bisa bermanfaat untuk semua yah ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar