Selasa, 24 Januari 2012

Nikmati Malam Yogya Bersama Kopi Joss di Angkringan Tugu




HHaaaaiii,..hhehe kali ini saya akan posting tentang "Nikmati Malam Bersama Kopi Joss"
Kota Jogja memang mengesankan, tak hanya terkenal dengan wisata budaya dan sejarahnya serta berbagai komunitas yang lahir di kota ini namun Jogja juga menyimpan banyak tempat nognkrong yang asik. Sebut saja Angkringan yang menjamur di berbagai sudut kota dengan menu-menu nya yang khas sperti sego kucing. dan salah satu yang terkenal adalah Angkringan Kopi Joss sering juga disebut pocinan dan sebagainya.

konon angkringan pertama di Jogja lahir di sini, tepatnya di utara persis Stasiun Tugu. Angkringan pertama di Jogja dimiliki oleh mbah Pairo kemudian diteruskan anaknya yang biasa dipanggil Lik Man(Siswo Raharjo) yang berjualan sejak tahun 1950 an.
Lalu disusul angkringan-angkringan lain disekitarnya dan sekarang angkringan telah menjamur di berbagai sudut kota. saat ini usia Lek Man sudah 80 tahunan dan kadang masih mampir untuk menjaga dan melayani para tamunya.
Angkringan Lek Man menyajikan berbagai jajanan khas angkringan seperti gorengan, sego kucing, sate telor puyuh dan lainnya, yang paling terkenal diantaranya adalah Kopi Joss! Kopi Joss adalah racikan kopi tubruk yang diberi arang membara sehingga berbunyi "joosssssss..." yang kencang sehingga dinamakan kopi joss, sederhana sekali kan?hhehe. Diberi arang?iya diberi arang, Arang yang dipanaskan pada suhu diatas 250° Celcius akan menjadi karbon aktif yang berguna mengikat polutan dan racun. Konon karbon teraktivasi ini berguna untuk mengurangi ampas kopi, memperbaiki aroma, dan mengikat racun kawan. Yang digunakan tentunya juga bukan sembarang arang,..untuk meneguk kopi joss ini kita cukup merogoh kocek Rp 3.000 saja, untuk yang diberi madu atau modifikasi lainnya sekitar Rp 5.500 saja cukup murah menurut saya.

Rasa kopi ini begitu khas, aroma ala kopi joss dengan perpaduan manis dan pahit yang pas. Arang nya pun tak merusak rasa, bahkan ketika kita menghisap arang nya kita akan mendapatkan rasa yang istimewa. 
untuk kalian yang tidak suka dengan kopi masih ada menu lain yang tak kalah nikmat seperti wedang tape atau yang standar seperti es teh atau es jeruk.hhehe. di angkringan ini harganya standar sego kucing cuma Rp1000-Rp1500, gorengan Rp 500 an ada pula tempe atau tahu bacem, ceker ayam, ndas(kepala ayam) juga ada.. kalau gorengan terasa dingin kalian bisa meminta para penjual untuk membakar gorengan kalian sehingga lebih hangat dan lebih nikmat tentunya.

Angkringan utara Stasiun Tugu memang sangat cocok untuk nongkrong, suasana yang khas dengan para pengamen yang senantiasa mengiringi langkah menuju malam. sambil duduk kita diberi kebebasan berbicara apa pun, mereka yang datang biasanya membicarak hal-hal ringan hinga serius seperti tema presentasi, tugas hingga rencana demonstrasi. Atau sekedar ngobrol bergurau tertawa tak jelas yang biasa disebut gojeg kere. kita hanya perlu menjaga budaya angkringan, yaitu tepo sliro (toleransi), kemauan untuk berbagi dan biso rumongso (menjaga perasaan orang lain). Bisa diartikan tak perlu berebut tempat dan menghargai orang lain yang duduk berdekatan.

Area ini memang sangat populer di kalangan mahasiswa dan anak muda, para seniman dan komunitas. Namun tenang jangan khawatir tidak kebagian tempat duduk. disini terdapat jejeran angkringan yang panjang  dengan bangku atau lesehan, kalian juga bisa duduk di trotoar seberang angkringan yang biasa diberi tikar memannjang hingga 100 meter. untuk kalian yang datang rombongan saya sarakan kalian untuk duduk lesehan di trotoar kalia bisa berdiskusi dan bercanda lebih bebas. untuk kalian yang datang sendiri atau sedikit kalian bisa duduk di dekat para penjual, dengan begitu lebih memudahkan untuk memesan makanan dan berinteraksi langsung dengan para penjual yang ramah.



Kopi Joss Jogja 


itulah tempat nongkrong khas Yogyakarta, masih banyak tempat nongkrong lain seperti Angkringan KR(Kedaulatan Rakyat), Angkringan Code and many more,. Pokoknya selagi kalian di Jogja manfaatkan waktu kalian sebaik mungkin untuk mengunjungi berbagai tempat yang asik dengan suasana khas Jogja, Sekian dulu ya kawan. Semoga bermnafaat ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar