Senin, 17 September 2012

Buah Durian Bisa Mencegah Depresi

Durian, buah berkulit penuh duri yang memiliki aroma tajam ini sering dijuluki rajanya buah. Rasanya nikmat dan bikin orang ketagihan jika sudah mencicipinya.

 
 
Selain itu, durian juga ternyata mempunyai kandungan mineral, karbohidrat, lemak dan vitamin yang tinggi. Karena itulah manfaat mengkonsumsi buah ini juga banyak. Diantara manfaat buah durian adalah;
  • Mencegah depresi. Kandungan tryptophan, salah satu jenis asam amino, yang ada dalam durian bermanfaat mencegah depresi. Ini karena asam amino tersebut jika masuk dalam pencernaan manusia akan diubah menjadi serotonin, yaitu zat yang bisa memperbaiki mood jadi lebih gembira.
  • Mencegah anemia. Durian memiliki kandungan zat besi, yang diperlukan tubuh untuk memproduksi hemoglobin darah, hingga bisa mencegah anemia.
  • Mencegah sembelit. Durian juga kaya serat, yang bermanfaat untuk mencegah sembelit dan melancarkan percernaan.
  • Meredakan perih lambung. Kadang orang yang merasa perih lambungnya takut untuk mengkonsumsi durian. Padahal mengkonsumsi durian punya efek antacid yang sama seperti obat sakit maag yang meredakan nyeri lambung.
  • Memperbaiki fungsi syaraf. Ini karena vitamin B dan C yang dikandung durian cukup tinggi.
  • Masih ada beberapa manfaat buah durian yang lain bagi tubuh manusia, diantaranya meredakan stres, meredakan sakit saat haid, dll. Namun, tentu saja mengkonsumsi durian secara berlebih juga tak baik untuk kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar