Rabu, 19 September 2012

Tips Cara Memperbaiki Hubungan


Selingkuh itu memang tidak diinginkan oleh pasangan manapun. Lalu bagaimana bila sudah terlanjur selingkuh karena suatu hal, kemudian ingin memperbaiki hubungan kembali biar tetap utuh. Semua itu ada cara caranya untuk memperbaiki hubungan pasca perselingkuhan. Bagi yang sudah terlanjur selingkuh, bukan berarti hubungan tak bisa dipertahankan. Perlu ada usaha dan komitmen yang kuat untuk merekatkan kembali hubungan rumah tangga yang retak. Bukan hanya sekadar memaafkan pengkhianatan yang terjadi, yang terpenting adalah komitmen untuk membangun kembali kepercayaan yang telah rusak. Kunci utamanya adalah bersikap jujur.

Berikut ini ada tips cara untuk memperbaiki hubungan pasca perselingkuhan dengan harapan bisa memperbaiki hubungan sebagaimana mestinya, diantaranya :

1. Berhenti menjalin hubungan
Pasangan yang melakukan pengkhianatan harus memutuskan hubungannya dan berhenti kontak dengan selingkuhannya. Dengan melakukan seperti ini demi menciptakan rasa 'aman' bagi pasangan yang dikhianatinya. Pasangan harus bersedia mengacuhkan semua telepon, pesan singkat dari selingkuhannya seperti ajakan kencan atau makan malam, curhatan lewat media sosial seperti facebook, twitter dsb. Apabila pasangan mau mengacuhkan seperti itu, maka anda akan terhindar segala hal yang bisa kembali membuat terjebak dalam perselingkuhan. Jika suatu saat kebetulan bertemu dengan mantan selingkuhan, maka harus bisa berkomitmen untuk bersikap wajar dan menceritakannya kepada pasangan secara detail sebelum dipertanyakan.

2. Jawab semua pertanyaan pasangan
Suatu hubungan akan semakin erat apabila yang berselingkuh itu mau menjawab semua pertanyaan pasangan yang dikhianati. Memang awalnya sangat menyakitkan mendengar semua pengakuan perselingkuhan pada pasangan. Tapi, lama kelamaan akan berangsur lebih baik, karena itu merupakan proses penyembuhan. Sebab dengan menjawab semua pertanyaan seputar perselingkuhan itu bertujuan untuk membangun kembali kepercayaan di antara pasangan. Jangan menyembunyikan apapun, karena apabila di kemudian hari hal ini terungkap, pasangan akan merasa tetap dikhianati.

3. Penyesalan
Apabila pasangan yang melakukan pengkhianatan menunjukkan penyesalan yang mendalam atas sikapnya. Maka pasangan yang berselingkuh harus menyadari penuh bahwa kelakuannya menyakiti hati pasangan.

4. Ikuti proses
Proses penyembuhan pasangan yang terbentur perselingkuhan tidak bisa dipercepat. Mereka yang berselingkuh harus sabar dan selalu siap menjawab pertanyaan seputar peristiwa 'pahit' itu kapan saja. Cukup dengarkan tanpa rasa marah atau emosi berlebihan.

5. Bertanggung jawab
Menyalahkan pasangan atas perselingkuhan yang terjadi itu tidak akan memberi hasil apapun. Bagi mereka yang berselingkuh harus benar-benar menunjukkan ketulusannya dengan meminta maaf dan berjanji tidak akan melakukan hal itu lagi. Namun perlu di ingat, Janji saja itu tidak bisa menjamin pasangan yang dikhianati mudah percaya. Dalam hatinya itu bisa tersimpan kekhawatiran bahwa hal yang sama bisa terulang lagi. Satu-satunya cara adalah memperbarui komitmen rumah tangga.

6. Sabar
Bagi mereka yang melakukan perselingkuhan harus sabar untuk mendapatkan kembali kepercayaan penuh dari pasangannya. Hormatilah proses untuk menyembuhkan luka hati. Maka, bersabarlah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar