Selasa, 25 Oktober 2011

Daftar Peralatan Minimal Mendaki Gunung

Hai, . .ini postingan saya yang ke sekian.tapi yang kedua yang breani saya publish..hhehe
Kali ini saya akan posting peralatan apa saja yang wajib dibawa saat mendaki gunung khusus nya bagi pecinta alam pemula seperti saya ini,.. Saat awal mendaki gunung saya bingung harus membawa apa ya?sedangkan saya cari di internet dan tanya-tanya banyak peralatan yang saya tidak tau dan tidak punya. mendaki gunung beberapa kali saya sedikit tau apa saja yan harus dibawa setidak nya minimal :

Pakaian :
  • Kaos kaki
  • Kaos tangan
  • Jaket hangat
  • Celana Panjang
  • Baju ganti secukupnya
  • Sepatu tracking atau sendal gunung
  • Topi rimba(kalau punya)s
  • Slayer
  • Sleeping bag (kantong tidur)

Peralatan :
  • Headlamp/Senter dengan BATERE EXTRA
  • Day pack atau tas biasa (untuk perjalanan pendek)
  • Carrier 60-80 liter (untuk perjalanan menginap)
  • Tenda dome (bila akan camping)
  • Ponco / mantrol batman
  • Korek dalam wadah waterproof(tempat film) dan lilin
  • nesting atau panci memasak
  • Parafin atau kompor gas mini (contoh :gassmate, dll)
  • Tissue
  • Obat pribadi
  • Kompas/alat navigasi

Logistik :
  • Air 3-5 liter (menyesuaikan panjang dan lama perjalanan)
  • coklat, gula jawa, pisang, dll (yang mengandung glukosa)
  • permen
  • jahe, skoteng, dll untuk menghangatkan badan
  • mi instan (jangan terlalu banyak bergantung pada mi instan)
  • seimbangkan dengan sayuran 

Tambahan :
  • Kamera digital
Nnah itu dia sekilas peralatan minimal yang sering saya bawa saat mendaki gunung,..memang perlatan yang saya cantumkan di atas belum memenuhi standar mendaki gunung. Namun setidaknya peralatan tersebut mampu membuat saya hidup sampai sekarang. pada postingan selanjutnya insyallah saya akan posting tentang peralatan mendaki gunung yang memenuhi standar. Sekian dan terima kasih telah berkunjung di blog saya ini, semoga bermanfaat Keep Moving Forward & Stay alive!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar