Selasa, 25 Oktober 2011

Tips Membuat Api di Alam Bebas

Haaiii, halo....hhehehe kali ini saya akan posting tentang membuat api di alam bebas..
Sebenarnya memang banyak yang bisa kita lakukan untuk membuat api di alam bebas mungkian kalian juga tau beberapa cara. kali ini saya akan mencoba menjelaskan beberapa cara yang saya tau..

  • cara yang pertama yaitu dengan mematik, cara ini kaya di jaman batu yaitu membenturkan 2 benda keras hingga menimbulkan bunga api. kalo ga yang sederhana tu pake papan datar dipaku trus paku ujung paku nya dibenturin ke batu kalo udah ada bunga apinya meletik ditangkep pake serabut kelapa ato yang mudah terbakar lainnya kaya kapas
  • cara yang kedua yaitu gergaji api, cara ini cukup menguras tenaga. yaitu dengan memanfaatkan panas yang terjadi akibat gesekan kayu. caranya cari kayu yang cukup gede kalo bisa yang ujungnya agak kebelah kalo ega ya belah sendiri aja,..trus cari kayu satu lagi trus gesekin di dalam ujung kayu yang terbelah tadi kalo udah ada bunga apinya langsung ditang kep pake serabut kelapa ato yang lainnya
  • Cara yang ketiga yaitu pake batang kayu kering dan papan kayu, caranya putar-putar batang kayu yang ujungya ditempel ke papan secara terus menerus. gesekan batang kayu dan papan yang ditimbulkan akan menimbulkan panas yang selanjutnya akan tercipta bunga api.
 
  • Cara yang keempat hampir sama kaya yang ketiga cuma yang ini butuh sedikit tambahan jadi lebih cepet dan lebih mudah. yaitu cari kayu yang melengkung sama tali, terus ikatkan tali di salah satu ujung kayu yang melengkung tadi. setelah itu lilitkan tali ke batang kayu yang akan diputar terus ikatkan di ujung batang yang melengkung tadi(ujung satunya). cara kerjanya dorong batang melengkung tadi kedepan dan belakang terus menerus. cara ini lebih menghemat waktu dan tenaga daridapa cara yang ketiga.
  • Cara yang kelima, membutuhkan rotan atau akar kering atau sejenisnya. gesekkan akar kering tadi ke batang kayu hingga tercipta bunga api.
 
  • Cara yang keenam yaitu menggunakan plastik dan air,..air?ya air, kenapa emang?hhahaha. caranya plastik diisi air hingga berbentuk pada gambar, terus letakkan di terik matahari dan bawahnya kasih serabut kelapa ato sejenis nya, plastik dan air ini berfungsi kaya kaca pembesar. jadi pana terik matahari akan dilipatgandakan sama tu air. serabut yang terkena panas akhirnya menghasilkan bunga api..

 nnah itu beberapa cara yang sata tau untuk membuat api di alam bebas, semoga bermanfaat buat kalian para penjelajah muda.hhahaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar