Senin, 31 Oktober 2011

Obat Penghilang Rasa Sakit

Haai,..hhehe. Kali ini saya akan posting tentang obat penghilang rasa sakit.
Obat penghilang rasa sakit memang bermacam macam dan pemakaiannya pun harus disesuaikan dengan sakit yang diderita.
berikut obat penghilang rasa sakit yang populer dikonsumsi :
  • Ibuprofen, Obat ini bersifat analgesik dengan gaya anti inflamasi yang tidak terlalu kuat. Efek analgesiknya sama dengan aspirin. Ibuprofen tidak dianjurkan diminum oleh wanita hamil dan menyusui. mengurangi peradangan, rasa nyeri, dan demam. Efek samping yang biasa ditimbulkan dari ibuprofen berupa diare, ruam, mual, sakit kepala, sembelit, kantuk, bintik merah, lelah dan kulit mata kuning.
  • Celebrex merupakan obat pereda rasa sakit bagi penderita osteoartritis dan rematik. Celebrex menimbulkan efek samping serius bagi pengunanya, yakni efek samping pada jantung dan pembuluh darah (cardiovascular event) berupa stroke dan serangan jantung fatal (infark miokard).
  • Acetaminophen atau paracetamol, obat ini populer di konsumsi untuk menghilangkan sakit kepala dan demam dapat juga meringankan nyeri dengan intensitas ringan sampai sedang. efek sampingnya?kemerahan pada kulit, gatal, bengkak dan kesulitan pernapasan. kalo kalian ngrasa alergi sama obat ini sebaiknya periksakan ke dokter.
nnah, itu tadi beberapa obat penghilang rasa sakit yang populer dikonsumsi. Berikut obat penghilang rasa sakit yang herbal/alami :

Penghilang rasa sakit dengan penggunaan diminum 
  • Kunyit, mengandung senyawa yang disebut kurkumin, yang dapat memblok protein penyebab peradangan dan juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk menghilangkan peradangan. Kunyit berguna untuk mengatasi rasa sakit kronis yang berhubungan dengan rheumatoid arthritis. Seiring dengan sifat anti-inflamasi, kunyit juga membantu untuk mengobati penyakit jantung dan diabetes.
  • Asam lemak esensial Omega 3, sangat baik untuk penghilang rasa sakit alami. Asam lemak esensial omega 3 akan dipecah oleh tubuh menjadi senyawa anti-inflamasi (anti peradangan). Oleh karena itu, banyak orang yang menderita sakit kronis dianjurkan memperbanyak konsumsi asam lemak esensial omega 3, yang banyak terkandung pada ikan seperti salmon dan mackerel.
  • Jahe, Peneliti dari Amerika Serikat menemukan bahwa konsumsi jahe setiap hari bisa membantu mengurangi nyeri otot akibat olahraga.
  • Minyak zaitun, Sangat sedikit orang yang menyadari fakta bahwa minyak zaitun bertindak seperti obat anti-inflamasi dan non-steroid. Namun kalian harus menggunakan minyak zaitun extra virgin. Minyak zaitun tidak hanya bisa membebaskan kalian dari sakit kepala, tetapi juga memiliki efek jangka panjang seperti ibuprofen.
  • Selain itu yang dapat mengurangi rasa sakit adalah susu baik itu susu kambing, sapi taupun ASI. Dalam tes yang sangat sensitif yang dilakukan oleh Dr Evaristo Ballesteros selaku ketua penelitian dari University of Jaen di Spanyol, seperti dikutip dari Indiavision, Jumat (15/7/2011).

Penghilang rasa sakit dengan penggunaan luar 
  • Garam Epsom, digunakan sejak zaman kuno sebagai garam mandi. Garam ini akan diserap ke dalam kulit. Anda harus menaruh beberapa garam Epsom dalam air hangat dan biarkan air ini bekerja di area tubuh yang sakit. Garam Epsom terutama berguna dalam mengurangi rasa sakit disebabkan karena fibromyalgia (kondisi kronis yang ditandai dengan gejala sakit yang menyebar ke seluruh tubuh) dan osteoporosis.
  • Minyak lavender, diketahui memiliki sifat analgesik dan anti-inflamasi, serta sifat menenangkan. Minyak ini sangat umum digunakan sebagai aromaterapi. Kalian bisa menggunakan minyak lavender untuk meringankan otot, tulang dan nyeri sendi.
  • Capsaicin pada cabai, Sensasi panas di cabai disebabkan oleh senyawa yang disebut capsaicin. Ini sering digunakan dalam pengobatan topikal untuk nyeri muskuloskeletal (tulang dan otot) dan nyeri neuropatik (saraf). Capsaicin menyebabkan sensasi terbakar, tapi rasa sakit dan sensasi terbakar hilang setelah beberapa waktu. 
Nnahh,.itu dia beberapa obat penghilang rasa sakit yang saya tahu dan saya ambil dari beberapa sumber seperti detikhealth.com,.. Tapi itu semua untuk sakit yang sudah diketahui obatnya bagaimana dengan  sakit yang disebabkan sakit hati?sudahkah kalian menemukan obatnya?hhehe. Untuk obat penghilang sakit hati akan saya posting nantinya. semoga bermanfaat buat kalian semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar