Selasa, 25 Oktober 2011

Tips Berjalan Mendaki Gunung

Halo,...postingan kali ini saya akan memberikan sedikit tips tentang berjalan saat mendaki gunung. yahh memang simple tapi teringat ketika saya awal-awal mendaki gunug, berjalan terasa sangat berat dan melelahkan, berikut tipsnya,..
  • Kalo mo mendaki gunung yang enak tu menurut saya malam hari, karena waktu malam hari kita ga kerasa lelah beda kalo siang hari.
  • yang pertama adalah saat awal perjalanan jangan langsung ngebut berjalan, slow aja bung...kalo awal sudah ngoto nanti tenaga nya langsung kekuras. awal perjalanan sebaiknya calm saja,.. Memang saat awal perjalanan akan terasa sangat melelahkan tapi lama kelamaan setelah 1 jam perjalanan badan sudah enteng. karena telah nafas sudah teratur dan badan sudah relatif panas.
  • Sebaiknya saat mendaki tidak menggunakan jaket, gunakan saja kaos ato baju lainnya karena jika memakai jaket malah akan panas. dan akan tambah dingin bila jaket dilepas. bila hanya memakai kaos badan hanya hangat dan enak untuk mendaki saat hawa memang sudah dingin baru pake tu jaket.
  • Saat medan datar langkah kaki bisa diperpanjang tapi saat medan mendaki sebaiknya langkah kaki diperpendek untuk menghemat tenaga. kalau langkah panjang saat mendaki akan mengurs tenaga, buktikan saja kalo g percaya.
  • Terus yang ga kalah penting saat mendaki adalah air, kita harus menghemat ari.nnah kalo jalan kan kita kehausan tuh sehingga memerlukan banyak air dalam peralanan. itu bisa kita siasati. Di postingan saya sebelumnya saya menyertakan permen dalam logistik, bukannya tanpa alanasan bro..permen itu gunanya buat kita hisap tapi dibawah lidah kita, dengan gitu bakal memperbanyak produksi air ludah dan rasa haus akan cukup berkurang
  • masalah istirahat, istirahat seperlunya aja jangan kelamaan apalagi keseringan bisa drop lagi nanti badannya,. istirahat aj 5-10 menit, itu dah cukup kok. jangan sampai badannya dingin kalo dah dingin kita jadi ngantuk dan malas jalan. mo jalan lagi sangat lelah rasanya.so jangan kebanyakan istirahat...
  • terus kalo mau nge camp, usahakan nge camp di tempat para endaki biasa nge camp karena daerah itu cenderung aman. jangan nge camp di pinggir ato di bawah tebing apa lagi di jalan hewan ato jalur pendaki. bahaya,..usahakan cari tempat yang terlindung dari angin biar tenda nya ga kabur.
  • terus kalo mo nerusin pendakian pagi hari nya jangan bangun kesiangan ntar repot sendiri. because cuacanya dah panas.. ga enak banget buat ndaki, mendingan pagi, jm 5-6 an lah..
  • Waktu sampai di puncak. FOTO FOTO YANG BANYAK!, kapan lagi? ga tiap hari lo bisa kesitu.hhahaha
  • Waktu turun, itu sih relatif yaa.. kalo badan masih fit itu bisa kenceng turun gunung kaya lari gitu. tapi konsentrasi harus tetap terjaga kalo ga salah-salah malah jatoh. kalo dah lemes, pelan-pelan aja, setapak-setapak ngikutin nafas..gausa keburu buru...
  • nnah sama kaya waktu naik, waktu turun juga jangan kebanyakan istirahat. jalan terus waktu turun itu malah ga bikin cepet.
  • nnah kalo dah sampe di basecamp pendakian itu dah lega banget rasanya. sebaiknya kalo situ pake motor ada baiknya istirahat dulu sebelum pulang. ya menghindari hal yang ga di inginkan aja..
Itu dia sekilas tips trik ku waktu mendaki gunung,..itu semua ku dapat hasil dari pendakian pendakian ku mendaki beberapa gunung di Yoga-Jateng.hhehe Semoga bermanfaat kalian semua.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar