Rabu, 02 Januari 2013

macam-macam penyakit kulit dan obat alaminya

 tips kesehatan, macam-macam penyakit kulit dan obat alaminya
 
 
beragam jenis penyakit kulit layaknya panu, kadas, kurap telah tidak asing lagi di penduduk indonesia. beberpa obat tradisional yang kerap di pakai untuk penyembuhan penyakit kulit tersebut yaitu :

kudis, gatal-gatal
untuk penyembuhan luar, cukup ambillah daun, kulit, batang, atau akar salam sekedarnya. bersihkan bersih, lantas giling halus hingga menjad adonan layaknya bubur. oleskan ke area yang gatal, lantas dibalut.

beragam jenis penyakit kulit layaknya panu, kadas, kurap telah tidak asing lagi di penduduk indonesia. beberpa obat tradisional yang kerap di pakai untuk penyembuhan penyakit kulit tersebut yaitu :

kudis, gatal-gatal
untuk penyembuhan luar, cukup ambillah daun, kulit, batang, atau akar salam sekedarnya. bersihkan bersih, lantas giling halus hingga menjad adonan layaknya bubur. oleskan ke area yang gatal, lantas dibalut.

borok, luka, serta kutil

1. oleskan dengan getah buah jambu monyet atau jambu mete ( anarcadium occidentale l ) sepanjang sekian hari hingga luka mengering
2. untuk kutil, petiklah 5 lembar daun dewa, tumbuk daun sampai halus. lumurkan daun yang sudah halus pada area yang berkutil, buat hingga merekat, biarlah 1 hari serta terlepas ke besokan harinya

macam penyakit kulit
untuk pasien penyakit kulit, gatal-gatal, serta luka, ramuan yang perlu diracik yaitu daun biduri serta minyak kelapa secukupnya. daun itu diolesi minyak kelapa, lantas dilayukan diatas pengapian.

sesudah itu, daun ditempel ke sisi kulit yang luka atau gatal. sebelum saat diobati, kulit yang luka dicuci dulu dengan air hangat atau alkohol 70 persen.

bisul, eksim, serta penyakit-penyakit kulit
helaian mahkota bunga teratai ini dibakar, dapat membuahkan abu yang juga bermanfaat sebagai obat. abu ini dapat digunakan sebagai obat luar untuk mengobati bisul, eksim, serta penyakit-penyakit kulit. namun serbuk serta benang sari bunga teratai bila digabung madu serta keju dapat jadi obat penyakit wasir.

kudis pada anak-anak
anak-anak yang terkena kudis disarankan mandi dengan rebusan air brotowali. langkah bikin air rebusannya : ambillah batang brotowali 1m, di rajang atau potong kecil2, rebus dengan 4 liter air sampai mendidih, masukkan air rebusan ke didalam emberdan imbuhkan air dinngin, mandikan anak sembari merendam tubuhnya.

eksim

1. parut rimpang jahe, lantas di peras
2. campur dengan parutan lobak
3. berikan ramuan ke sisi kulit yang terkena eksim

lengkuas untuk : panu, kadas, kudis, koreng, borok
penyembuhan : penyembuhan luar, di beri di area yang sakit

sepuluh perihal yang perlu di perhatikan saat merawat penyakit kulit :

1. tidak seluruh penyakit kulit diobati dengan salep yang sama
ada bermacam penyakit kulit dengan bermacam pemicu. ada yang dikarenakan factor luar, layaknya luka. luka kulit lalu beraneka. ada luka lecet, luka serut, luka belah, luka lubang, serta luka patah tulang. perawatan luka butuh penanganan spesial. luka dangkal bisa dikerjakan sendiri, sesaat luka didalam perlu jahitan serta perawatan spesial.

bagaimana luka dirawat juga kerap punya masalah. yang pertama-tama butuh dikerjakan, kerjakan perawatan luka dengan benar waktu awal luka berlangsung. bersihkan luka dari semua type kotoran ataupun kulit yang mengelupas atau terkoyak. bila luka kotor, bersihkan dengan sabun lunak ( soda rendah ) serta basuh dengan air mengalir. sesudah bersih, bubuhi antisepsis ( penyuci hama ), sedikitnya alkohol 70 % ( bukan hanya 96 % ), lantas tutup. janganlah terlampau rapat, berikanlah celah supaya hawa tetap dapat mengalir memapari luka.

bila luka cukup didalam, sesudah dibersihkan, luka dibasuh dengan cairan peroksida ( dapat dibeli bebas di apotek ). tujuannya untuk meniadakan kalau-kalau ada kuman tetanus yang telah telanjur turut memasuki luka. cairan yang berbusa ini membentuk zat asam didalam luka, situasi yang tidak disukai kuman tetanus.

luka yang tidak membutuhkan jahitan ditutup dengan kasa steril sesudah dibubuhi antisepsis. janganlah melapisi luka dengan kapas, karena kapas menempel pada luka, serta jaringan kulit muda yang dapat terbentuk dapat lengket saat kapas diangkat. mengakibatkan, luka tidak kunjung sembuh.

bila luka sedikit menganga, upayakan merapatkannya supaya ke-2 belahan luka menyatu, hingga meringankan pengobatan. sesudah dibalut, usahakan supaya luka tidak tersentuh air mandi atau air apapun sepanjang sekian hari. ubah pembalut luka tiap-tiap habis mandi. bubuhi lagi cairan antisepsis.

bila luka tetap basah serta terlihat cairan kuning, kemungkinan luka terinfeksi. bila telah demikianlah, tidak cukup membubuhinya dengan antisepsis. imbuhkan salep atau cream antibiotika. bila tidak, luka dapat beralih jadi borok. borok tak hanya menambah lama pengobatan, luka dapat tersisa bekas atau parut pada kulit.

luka yang dirawat dengan benar, didalam sekian hari dapat jadi kering, merapat, tidak basah, tidak meradang serta tidak nyeri. luka yang terganggu penyembuhannya dapat terus basah, bengkak, serta nyeri, sinyal luka terinfeksi.
luka yang ditutup dengan ketat serta rapat dapat mengganggu sistem pengobatan. luka dapat terus basah serta jaringan tunas kulit tidak terbentuk, hingga luka lantas lama jadi kering. disamping itu, menutupi luka rapat-rapat berisiko tercemar kuman tetanus yang ada di alam bebas. terutama luka di tungkai atau kaki. spora tetanus bertebaran di permukaan tanah, di mana-mana.

luka kecil serta tidak didalam yang berlangsung tidak di area yang kotor, tidak membutuhkan suntikan tetanus. cuma luka didalam yang berlangsung di jalur atau tanah kotor yang membutuhkan suntikan tetanus. ada dua type suntikan, yaitu type serum serta type toksoid. bila telah dulu memperoleh suntikan tetanus satu tahun lebih berselang, cukup diberi serum ats. bila belum dulu disuntik tetanus, tak hanya ats diberikan toksoid tetanus untuk membentuk zat anti-tetanus. dokter dapat memperhitungkan apa yang butuh dikerjakan pada satu luka.

bila telanjur terinfeksi, luka umumnya jadi basah berair, bernanah. baiknya tidak ditutup, tidak juga diberikan salep atau cream, tetapi dikompres rivanol ( dapat dibeli bebas di apotik ) sepanjang sekian hari. ubah kompres setiap saat kompres telah jadi kering. salep atau cream antibiotika baru dibubuhkan bila luka telah kering benar. luka basah yang diberi salep atau cream dapat sulit menyembuh. begitupun luka yang telah kering, tidak bisa dikompres.

4. janganlah mengeleti keropeng luka
kerapkali, keropeng luka yang telah jadi kering serta merasa gatal dikeleti. biarlah kulit kering yang mati bercampur sisa darah serta nanah terkelupas sendiri. mengeleti keropeng luka bermakna buka susunan kulit yang tetap muda di bawahnya terpapar dunia luar. kulit muda belum siap terpapar dunia luar, juga belum kuat hadapi ancaman infeksi. biarlah dengan alami, demikian kulit muda telah cukup masak, ia dapat mendesak keropeng di atasnya untuk mengelupas sendirinya.

lepasnya keropeng dengan tidak sengaja ( tersenggol ) umumnya dapat mengeluarkan darah, sinyal kulitnya tetap rapuh. didalam situasi demikianlah, bubuhi antibiotika membuat perlindungan kulit muda supaya tidak terinfeksi serta berlangsung borok baru.

5. kulit eksim tidak menggunakan salep jamur
banyak macam penyakit kulit. kelihatannya sama, tetapi sebenarnya berbeda. eksim contohnya. eksim sering disangka jamur. bila eksim diberi obat jamur pasti tidak akan pulih. demikianlah juga bila jamur kulit diobati obat eksim, sama tidak akan pulihnya.

penyakit kulit itu spesifik obatnya. bila obat tidak pas, kelainan kulitnya lalu lantas kacau serta majemuk. maka, sembarang serta serampangan asal menggunakan salep, tidak disarankan. banyak salep kulit dijual, bukan hanya bermakna serbaguna bikin penyakit atau kelainan kulit apa saja. bila tidak pas pilihan obatnya, penyakit kulitnya jadi jadi tambah kacau balau. penyakit kulit yang telah kacau balau lebih pelik menyembuhkannya.

6. penyakit kulit basah tidak disalepi dulu
penyakit kulit yang tidak dirawat dengan benar kerapkali berkembang jadi infeksi kulit. kulit jadi basah. kita acap menyebutnya eksim basah. eksim yang digaruk keras dapat jadi luka serta basah. didalam situasi demikianlah, salep tidak membantu. penyakit kulit basah mesti dilawan dengan basah lagi, yaitu mengompresnya. kompres dibasahi berkala tiap-tiap sebagian jam setiap saat kompres jadi kering. tujuan kompres yaitu menyedot getah yang membasahi. sesudah jadi kering, baru diberi obat eksim.

eksim kerap telah tercemar infeksi akibat digaruk, atau dapat juga tercemar jamur. eksim terinfeksi kuman serta jamur tidak pulih cuma dengan obat eksim, tetapi butuh ditambah antibiotika serta anti-jamur.

7. janganlah lanjutkan penggunaan obat bila tidak pulih-sembuh
sewring orang berasumsi penyakit kulit biasanya berjalan lama, hingga penggunaan obat yang dibeli sendiri tidak dibatasi meski tidak pulih. hentikan obat bila tidak menyembuh. barangkali obatnya tidak pas. perihal ini kerap berlangsung pada penyakit kudis.

kudis kerap luput terdiagnosis. tak hanya terlupakan, gambaran kulit pada kudis tidak demikian tegas. terlihat cuma bintik-bintik bentol kecil merah, umumnya dibagian kulit yang tidak tebal serta empuk, layaknya di sela jemari tangan, pergelangan tangan, di perut, serta kulit bokong. macam-macam kudis tidak barangkali pulih bila tidak menentukan obat spesial kudis ( antikudis ) yang langkah penggunaannya lalu spesial.

kudis menular pada bagian keluarga. melalui pegangan, jabatan tangan, singgungan kulit, jalinan kelamin, kutu kudis beralih dari pengidap ke kulit sehat. kutu kudis bersarang di susunan kulit, keluar malam hari serta gatalnya minta ampun.

8. reaksi alergi kulit tidak senantiasa membutuhkan salep atau krim
kerap juga kulit alami reaksi alergi. tandanya, yang mudah cuma biduran, gatal-gatal sekujur tubuh. yang berat, dapat terkelupas, lepuh, serta bila berat sekali nampak gelembung-gelembung cairan sekujur badan.

obat alergi kulit sama, yakni antialergi yang diminum. bila berat, perlu suntikan antihistamin. kulitnya dibubuhi bedak antigatal. bila berat serta terkelupas, baru diberikan antihistamin cream atau lotion. alergi kulit yang hebat serta berbekas berlangsung pada alergi pada antibiotika golongan sulfa. orang yang memiliki bakat alergi butuh waspada bila diberi obat golongan sulfa. gejalanya, bibir merasa tidak tipis, gatal, lantas tumbuh eksim menyerupai tompel di lebih kurang bibir yang umumnya membekas seumur hidup. inipun butuh obat antihistamin.

9. supaya tidak tersisa bekas, luka atau penyakit kulit jangan sempat terinfeksi
tiap-tiap luka atau penyakit kulit mendindikasikan berlangsung rusaknya pada permukaan kulit. bergantung type luka serta penyakit kulitnya, susunan kulit yang terkena dapat didalam, dapat juga dangkal. makin didalam kelainan kulit, makin besar risiko tersisa bekas sesudah menyembuh.

supaya tidak hingga berlangsung bekas luka, rawatlah luka dengan benar sejak awal. bila luka atau penyakit kulit lain hingga terinfeksi akibat jeleknya perawatan luka, tidak dapat tidak, dapat membekas. luka yang membekas sulit dikoreksi serta membutuhkan bedah plastik.

10. tidak memberi tahu bila mempunyai bakat keloid
ada orang yang memiliki bakat keloid. berarti, tiap-tiap pulih dari luka, dapat terbentuk bentol di lebih kurang bekas luka sejenis daging tumbuh. dengan kosmetis, ini tidak enak dilihat, terutama bila berlangsung di muka.

risiko ini dapat dicegah memberikan suntikan spesial sepanjang luka. terhitung bila akan dioperasi, dokter butuh diberitahu bila mempunyai bakat keloid, hingga pada luka bekas operasi diberikan obat spesial menghindar cheap pills terbentuknya keloid. keloid yang telah terbentuk dapat disuntik berkali-kali untuk mengempiskan benjolannya, tetapi tidak dapat mulus prima




tips kesehatan, macam-macam penyakit kulit dan obat alaminya - terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar