Rabu, 31 Oktober 2012

manfaat wudhu dari segi kesehatan

Wudhu berasal dari kata Al-Wadha'ah, yang memiliki arti kebersihan dan kecerahan. Sedangkan menurut istilah, wudhu adalah menggunakan ait untuk anggota-anggota tubuh tertentu (yaitu wajah, dua tangan, kepala dan dua kaki) untuk menghilangkan hal-hal yang dapat menghalangi seseorang untuk melaksanakan shalat atau ibadah yang lain.

Nah, kali ini ane akan sedikit membahas tentang manfaat wudhu bagi kesehatan. Yuk langsung kita bahas :

1. Membasuh Tangan
  1 membasuh tangan
Membasuh dan mencuci tangan dengan air bersih pada dasarnya dapat menghilangkan kuman dan bakteri yang ada di tangan hingga 90 %.  Hal ini juga dapat membantu kita terhindar dari penyakit terutama penyakit kulit. selain kuman dan bakteri, membasuh tangan juga dapat membersihkan tangan dari virus Hepatits A.
Selain membersihkan bakteri, virus dan kuman, mencuci dan membasuh tangan juga dapat digunakan untuk refleksi diri. Hal ini dikarenakan di kulit tangan terdapat banyak serabut saraf, arteri, vena dan pembuluh limfe.

2. Berkumur-kumur
2 berkumur
Mulut adalah sarang kuman di tubuh manusia. Mungkin sobat-sobat semua tercenung. Bagaimana bisa? Ya mulut merupakan sarang kuman dan bagian tubuh manusia yang paling berkuman. Hampir terdapat 300 kuman di setiap tetes liur manusia. Di dunia medis telah terbukti bahwa dengan membersihkan mulut dengan berkumur dapat mebuang hingga 40 miliar kuman dan bibit penyakit.

3. Membersihkan hidung
4 menghirup air di hidung
Dari Abu Hurairah, Rasululllah bersabda,"Apabila salah seorang kamu berwudhu, maka hirupla air dengan lubah hidung, kemudian hempaskanlah" (HR Muslim).
Hidung merupakan salah satu tempat kotoran. Hal ini dikarenakan setipa kali bernafas dan menghirup udara, hidung akan menyaring kotoran-kotoran yang ada di udara dengan rambut-rambut yang ada di hidung.

Dalam buku yang berjudul Al-I'jaaz Al-Ilmiy fii Al-Islam wa Al-Sunnah Al-Nabawiyah dijelaskan, ilmu kontemporer menetepkan setelah melalui eksperimen panjang ternyata orang yang selalu berwudhu mayoritas hidung mereka lebih bersih, tidak terdapat mikroba. Dari hidung, kuman masuk ke tenggorokan dan terjadilah berbagai radang dan penyakit. Apalagi jika sampai masuk ke dalam aliran darah.
Secara umum membersihkan hidung dapat mencegah penyakit ISPA dan Sinusitis.

4. Membasuh Wajah
5 membasuh muka
Rasul SAW menyatakan, wajah orang yang berwudhu itu akan senantiasa bercahaya. Rasulullah akan mengenalinya nanti pada hari kiamat karena bekas wudhu. "Umatku nanti kelak pada hari kiamat bercahaya muka dan kakinya karena bekas wudhu."
Dengan membasuh wajah, sebenarnya dapat mengurangi depresi dan sekaligus membuat wajah lebih bersih dan cerah. Selain itu, dengan membasuh wajah, dapat membersihkan kuman dan debu yang dapat menyebabkan penuaan dini.

5. Membasuh tangan hingga siku
6 membasuh tangan dan lengan
Menurut para pakar, membasuh tangan dapat membuang energi buruk yanga ada pada tubuh. Sepanjang tangan hingga siku, terdapat titik akupuntur yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

6. Mengusap kepala
 7 membasuh rambut dan telinga
Membasuh kepala dapat meningkatkan ingatan, pikiran jernih dan terhindar dari penyakit pikun. Hal ini disebabkan pada dahi terdapat titik yang berhubungan dengan otak dan syaraf manusia. Selain itu, membasuh kepala dapat menghilangkan penyakit kulit yang disebabkan oleh debu dan kotoran ketika manusia beraktivitas di luar ruangan.

7. Membasuh Telinga
 7 membasuh rambut dan telinga
Membasuh telinga dapat merangsang titik pendengaran dan keseimbangan, serta dapat membersihkan kotoran-kotoran yang menempel di lekukan-lekukan telinga.
Pada bagian telingga juga ada titik akupunturnya. Menurut cabang spesifikasi kedokteran di China, bagian telinga bisa direpresentasikan sebagai tubuh manusia.

8. Membersihkan kaki 
 8 membasuh kaki
Rasulullah menyuruh umatnya agar berhati-hati dalam membasuh kaki, karena kaki yang tidak sempurna cara membasuhnya akan terkena ancaman neraka, sebagaimana beliau mengistilahkannya dengan tumit-tumit neraka. Beliau memerintahkan agar membasuh kaki sampai kena mata kaki bahkan beliau mencontohkan sampai membasahi betisnya. Beliau mendahulukan kaki kanan dibasuh hingga tiga kali kemudian kaki kiri juga demikian. Saat membasuh kaki Rasulullah menggosok-gosokan jari kelingkingnya pada sela-sela jari kaki. (Shahih Riwayat. Bukhari; Fathul Baari, I/232 dan Muslim, I/149, 3/128)
Dengan membasuh kaki, secara umum manusia mengurangi kotoran dan zat kimia yang tertempel di kaki ketika beraktivitas. Selain itu, di kaki juga terdapat titik akupuntur dan syaraf yang terhubung ke seluruh bagian tubuh. Syaraf-syaraf tersebut jika dibasuh dan dipijat dapat mencegah penyakit.

Subhanallah, dengan meneladani Rasulullah dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit.


sumber tamaneja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar