Rabu, 24 Oktober 2012

tips mengatasi pada tenda yang bocor

Kadang kita teramat sayang terhadap peralatan mountaineering kita, apalagi jika itu adalah peralatan yang bermerk, misanya tenda. Inilah beberapa langkah melapisi kembali tenda yang pita/lapisannnya rusak. Walau formula pelapisnya mugkin belum tersedia secara umum di negara kita (Indonesia) mungkin ini akan sedikit membantu.

Langkah 1. Pergunakan Seam Grip® Seam Sealer & Outdoor Repair pada bagian dalam lantai lipatan tenda; lipatan ini sering tidak dibalut dilapisi di pabrik. Traik pelapis (sealer) melintasi jalur benang dan lipatan bawah. Untuk 2 jam proses pengeringan, campur Seam Grip dengan Cotol-240TM sebelum digunakan. Biarkan tenda mengering semalaman sebelum digunakan atau disimpan.

Langkah 2. Gunakan Seam Grip® untuk melapisi ke area yang sering merembes/bocor, seperti titik pancang pada pojok tenda.

Langkah 3. Setelah bertahun-tahun pemakaian, pita lapisan pada tenda dan pakain dapat mengupas atau mengerut dan lapisan akan mulai bocor. Jika bagian kecil telah mengupas, gunakan Seam Grip® untuk melekatkan kembali. Jika pita pelapis sepertinya tak menempel lagi dimana saja, lepaskan dan buang ini, kemudian bersihkan bekas pita pelapis tadi dengan menggosok alkohol dan lapisi ulang dengan Seam Grip or Seam SureTM
Langkah 4. Seam SureTM Water Based Seam Sealer merupakan formula paling mudah digunakan pada tenda besar jenis family tent. Pakai Seam Sure seperti halnya anda dengan Seam Grip. sekali kering, Seam Sure hampir tak kelihatan.
Langkah 5. Untuk melapisi rainfly (cover tenda), susun cover terbalik pada tenda yang telah didirikan untuk aplikasi lebih mudah. Letakkan cover tenda pada tenda sehingga semua lapisan akan menegang.
Melapisi ulang lantai tenda
Langkah 1. Lapisi ulang lantai tenda anda dengan Tent Sure™ Tent Floor Sealant. Gunakan untuk melapisi sisi (di dalam) memakai kuas busa. Untuk hasil terbaik gunakan Tent Sure dengan tipis tipis, bahkan gunakan, seperti gerakan menyapu menghindari genangan. Sebuah sapuan tunggal yang tipis memberikan hasil terbaik.

Memperbaiki lantai tenda yang berlubang
Langkah 1
.

Seam Grip® memperbaiki secara permanen bahkan lobang seukurun peniti dan bocoran pada lantai tenda. Terapkan Seam Grip hanya cukup menutupi lubang dan sebarkan melewati 1/4" inch (5mm). Biarkan mengering semalam. untuk 2 jam proses pengeringan, campur Seam Grip dengan cotol-240™ sebelum digunakan.
Langkah 2.Field Repair Kit termasuk didalamnya lem adhesive dan penambal. Untuk menggunakan tenda dengan segera, secara sederhana tutupi lobang dengan sebuah Tenacious™ Brand Clean Tape™ peel-and-stick patch.

Menambal cepat - dengan lem batang

Pegang
Hot Melt Glue
2-4 inch di atas area yang akan diperbaiki. Gunakan korek api batang atau gas utnuk melelehkan batangan lem perekat dan tutupi lubang atau teteskan lem bakar tadi.

Memberi Pewangi Pada tenda
Untuk menghilangkan bau, dan jamur dari tenda dan peralatan lain tanpa merusakkan lapisan tahan air atau bahan, gunakan Mirazyme™ enzim penghilang bau.
Penuhi wadah dengan hanya cukup air untuk merendam. untuk tenda dan ransel tambahkan 1-2 oz dari Mirazyme (tergantung pada kekuatan bau). Aduk untuk mencampur.

Buka semua ritsleting, buka kantung, dan lain-lain. Rendam barang hingga terendam keseluruhan. Rendam selama 10 menit kemudian angkat. Jangan dibilas, ensim bekerja saat barang kering. Gantung dan jemur dalam ruangan. Jangan gunakan mesin cuci.



sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar