Sabtu, 13 Oktober 2012

10 stadion terunik di dunia

Kebanyakan stadion di dunia dirancang dengan sangat indah untuk memberikan kesan yang membanggakan bagi Negara maupun klub si empunya stadion. Tapi seberapa banyak stadion tersebut yang tampil nyeleneh?

Jika ada orang bertanya mengenai stadion yang paling cantik di dunia, maka dijamin anda tidak akan kesulitan untuk menyebutkannya satu-persatu. Tapi ketika orang tersebut bertanya mengenai stadion terunik dan teraneh di dunia, kemungkinan besar anda akan kesulitan untuk menjawabnya. Jadi untuk mempermudah anda untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penulis mencoba untuk merangkai daftar 10 stadion teraneh dan terunik di dunia.


1. The Float at Marina Bay atau Stadion Marina Bay, Singapura





Seluruhnya terbuat dari besi dengan panjang 390 kaki dan lebar 270 kaki. Uniknya stadion ini mengambang di permukaan laut. Padahal beratnya bisa mencapai 1,070 ton jika ada 9,000 orang di atasnya. Kapasitasnya sendiri mencapai 30,000 orang. Stadion ini dibangun pada 2007 di bawah kepemilikan Singapore Sports Council.



2. Stadion Osaka, Jepang




Stadion itu dibangun pada 1950 untuk menyelenggarakan pertandingan Bisbol. Stadion itu awalnya merupakan markas dari tim Nankai Hawks. Stadion yang berada di sentra Kota Tokyo ini juga bisa menampung 31,379.

Stadion itu kemudian beralih fungsi menjadi perumahan setelah pada 1988 Nankai Hawk pindah ke Fukoka dan tidak ada lagi tim yang mau memakainya. Stadion itu kemudian dihancurkan dan dijadikan pusat perbelanjaan pada tahun 1998.



3. Cocodrilos Sports Park, Caracas, Venezuela.



Stadion nyeleneh ini dibangun pada tahun 2005. Stadion ini merupakan markas dari Caracas FC. Selain pertandingan sepak bola, stadion yang bisa menampung 3,000 orang penonton itu juga sering dijadikan sebagai tempat ajang olah raga lain. Tapi dengan lingkungan sekelilingnya yang unik, anda akan dimaafkan jika sering melewatkan momen terjadinya gol-gol tim yang anda sayangi. Pasalnya stadion ini dikelilingi oleh lembar-lembar beton yang memberikan kesan tidak biasa untuk stadion tersebut.



4. Estádio Municipal de Braga, Portugal



Stadion markas Braga itu merupakan stadion paling mahal dan teraneh di Portugal. Dibangun dengan menelan biaya 122 juta dolar pada 2003 lalu, stadion ini bisa menampung 30,154 penonton. Uniknya stadion ini dibuat bersebelahan dengan tebing batu granit yang ada di kota tersebut.



5. Stadion Gospin dolac, Kroasia




Stadion yang merupakan rumah dari NK Imotski fc ini dibangun pada 1989. Sekilas stadion ini memang tidak berbeda dengan stadion lain. Tapi tahukah anda kalau stadion yang bisa menampung 4,000 penonton tersebut berada 500 meter di bawah permukaan danau yang berada di sebelahnya. Sungguh mengerikan jika membayangkan apa yang terjadi jika tiba-tiba danau di sebelahnya itu tumpah ke dalam stadion.



6. Stadion Kepulauan Faroe, Kepulauan Faroe



Kepulauan Faroe merupakan kepulauan kecil yang berada di antara Laut Norwegia dan Laut Atlantik Utara. Karena kepualaun itu dipenuhi berbukit-bukit terjal dan hanya menyisakan sedikit saja dataran yang bisa dijadikan stadion, maka jadilah sebuah stadion yang berada persis tepat di pinggir laut.

Stadion ini dibangun pada tahun 2000. Stadion yang menjadi milik negara kepulauan itu bisa menampung sekitar 6000 orang penonton. Luasnya sendiri hanya 100 kali 65 meter. Uniknya, mereka mempunyai staf khusus pegumpul bola yang terbang ke lautan di sebelah stadion tersebut ketika pertandingan berlangsung.



7. Janguito Malucelli, Brasil




Stadion ini terbilang unik lantaran konsepnya yang bersahabat dengan lingkungan. Di stadion itu anda tidak akan duduk di bangku besi yang dikelilingi oleh dinding beton, tapi di bangku plastik yang dialasi dengan rumput. Tidak ada satu betonpun yang digunakan di stadion ini. Saking cinta lingkungannya, pembuat stadion ini langsung mengganti semua pohon yang kayu dipakai dengan pohon baru.



8. Sapporo Dome, Jepang




Stadion ini terletak di Toyohira-ku, Sapporo, Jepang. Lantaran kota yang terletak di pulau Hokkaido itu selalu ditutupi salju tebal saat musim dingin, maka arsitek yang merancang Sapporo Dome memutuskan untuk membuat stadion yang menjadi ikon kota Sapporo itu menjadi stadion tertutup. Yang unik, lapangan yang ada di dalamnya bisa digeser ke luar stadion agar rumput yang berada di lapangan tersebut mendapat sinar matahari dan udara segar jika cuaca Sapporo cerah.



9. Stadion Mmabatho, Afrika Selatan



Stadion yang terletak di kota Mafikeng itu dibangun pada 1981 oleh sebuah perusahaan asal Rusia. Stadion ini bisa menampung 59,000 penonton. Yang aneh dari stadion ini adalah tempat duduk bagi penontonnya yang seolah mengambang di permukaan udara. Bayangkan bagaimana perasaan anda ketika sedang seru-serunya menonton sebuah pertandingan, tiba-tiba terjadi gempa.



10. Ukraina




Ukraina bisa dibilang pemenang jika ada yang mengadakan kontes lapangan teraneh sejagad. Bayangkan bagaimana bisa sebuah tim bermain di sebuah lapangan yang miringnya 30 derajat. Untungnya lapangan tersebut hanya dijadikan hiasan saja.


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar