Kamis, 11 Oktober 2012

sebab-sebab kita susah menurunkan berat badan


Bayangkanlah, anda memutuskan untuk mengubah gaya hidup dan ingin mengurangi berat badan atau ingin memiliki bentuk tubuh yang proposional. Lalu anda memulainya dengan makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur dan mencoba menjauhi segala macam godaan, namun, untuk beberapa alasan, timbangan berat badan anda tidak turun-turun juga, padahal sudah mencoba berbagai upaya. Ada lima alasan mengapa berat badan anda tidak turun-turun juga.
  1. Sebagai permulaan, Anda harus memberi perhatian lebih tentang apa yang anda makan. Berolahraga membakar kalori, sehingga wajar jika anda merasa lapar setelah berolahraga, tetapi itu bukan berarti anda bisa makan sepuasnya setelah berolahraga, anda harus makan dan beristirahat secukupnya, yang terpenting adalah anda tidak boleh makan lebih banyak kalori dari yang anda bakar saat olahraga.
  2. Makan makanan sehat adalah penting tetapi perhatikan jumlah kalorinya, contohnya memakan buah lebih sehat daripada memakan makanan-makanan ringan seperti snack, tetapi bukan berarti makanan sehat bebas kalori. Waspadai asupan kalori dan ukuran porsi. Ini dapat membantu anda untuk mengukur makanan anda, dan makanlah sesuai  jumlah kalori yang anda butuhkan per hari.
  3. Alasan ketiga mengapa anda susah menurunkan berat badan adalah karena anda tidak melakukan jenis latihan yang tepat. Belajarlah untuk memilih latihan yang tepat buat anda,  tergantung pada rutinitas dan kebutuhan Anda. Contohnya: anda ingin membakar kalori dalam jumlah yang besar, maka anda tidak mungkin memilih yoga sebagai latihan anda, karena kenyataannya yoga bukan olahraga yang dapat membakar kalori dalam jumlah besar.
  4. Berat badan anda tidak berkurang:  ini berarti anda sedang membangun otot. Otot tidak lebih berat daripada lemak, hanya lebih padat dan tidak besar dan menggumpal seperti lemak. Itu berarti satu pon otot membutuhkan ruang yang lebih sedikit dari satu pon lemak. Jadi dengan meningkatkan latihan cardio anda, anda mungkin mendapatkan otot dan penurunan lemak tubuh secara keseluruhan. Meskipun berat badan anda tidak turun, anda akan terlihat lebih ramping dan kencang.
  5. Dan alasan terakhir adalah, bisa jadi berat badan anda tidak turun karena minuman yang anda minum selama dan setelah latihan. Untuk menghindari ini, pastikan anda membaca label kadungan minuman anda dengan hati-hati dan hanya memilih  minuman yang tidak terlalu banyak menambah asupan kalori harian Anda. Minumlah air putih biasa daripada minuman manis bersoda, karena minuman bersoda mengandung banyak kalori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar