Rabu, 03 Oktober 2012

Manfaat Jalan Kaki Membantu Penyerapan Kalsium



Sudah sejak lama diketahui bahwa Kalsium sebagai salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dan khususnya yaitu untuk memperkuat tulang. Namun penyerapan kalsium di dalam tubuh manusia tidaklah semudah penyerapan makronutrisi lain. Karena itu kalsium dalam tubuh membutuhkan pemicu agar penyerapannya maksimal.
Maka selain minum susu, mengkonsumsi makanan sehat seperti kalsium, dan mengkonsumsi nutrisi tambahan, maka seseorang perlu melakukan beberapa aktivitas yang dapat membantu memperkuat tulang. Seperti berolahraga dan beraktivitas yang terkena paparan sinar matahati pagi.
Olahraga dengan kategori weight bearing atau disebut juga olahraga yang memiliki hentakan, sangat baik untuk memperkuat tulang. Karena untuk dapat diserap tulang, kalsium memerlukan sebuah pemicu berupa hentakan.
Jenis olahraga yang termasuk weight bearing ini antara lain jalan kaki dan berlari, tetapi olahraga weight bearing ini tidak diperuntukkan bagi orang dengan kelebihan berat badan. Hal ini karena dapat merusak jaringan sendi, sehingga mengakibatkan Osteoatritis atau radang sendi,” kata Fiastuti.
Sedangkan beraktivitas di bawah sinar matahari menurut Fiastuti harus dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Yaitu pagi hari, sekitar jam 7-9 dan sore hari sekitar jam 3-5. Saat itu, sinar matahari tidak terlalu panas dan tidak menyebabkan kerusakan atau penyakit kulit.
jenis aktivitas yang terpapar sinar matahari bukan berarti langsung terus-terusan berada di bawah sinar matahari. Melainkan secara tidak langsung terpapar sinar matahari di bagian tubuh tertentu. “Misalnya, cukup dengan membuka jendela ruangan, lalu bagian tubuh yang tertentu seperti lengan dan kaki terkena paparan sinar matahari pagi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar