Kamis, 18 Oktober 2012

Mengenal Penyakit Osteosarkoma

pengenalan-osteosarcoma 
 Tahukah Anda apa itu Osteosarkoma? Apa saja jenis-jenis Osteosarkoma dan bagaimana gejala serta tanda yang menyertai penyakit ini supaya orang awam sekalipun bisa memahami secara detil apa itu Osteosarkoma? Dan siapa saja yang potensial menderita jenis penyakit yang cukup membahayakan ini?
Osteosarkoma ialah jenis penyakit yang sel kankernya terdapat pada tulang. Osteosarkoma merupakan jenis kanker tulang yang paling umum diderita dan ditemukan.
Dan tahukah Anda bahwa Osteosarkoma banyak menyerang kalangan remaja dan dewasa di usia yang masih sangat produktif. Patut diwaspadai bagi Anda yang masih berusia remaja terutama yang sering mengonsumsi obat-obatan untuk meninggikan badan karena memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terserang penyakit tulang ini.
Osteosarkoma yang terjadi pada usia anak-anak dan remaja biasanya ditemukan pada bagian tulang lutut. Adapun gejala dan pemulihan Osteosarkoma pada anak dan remaja akan tampak sama.
Ketika gejala Osteosarkoma telah ditemukan dan diidentifikasi pada seseorang, maka tes lain biasanya akan dilakukan untuk mengetahui apakah sel kanker tersebut telah menyebar ke bagian tubuh yang lainnya.
Proses tersebut biasanya dinamakan dengan pementasan. Untuk pasiennya sendiri, pihak medis akan mengelompokkan mereka ke dalam dua kelompok yang akan berpengaruh dalam penanganannya yakni kelompok pasien yang sel kankernya belum menyebar ke bagian tubuh yang lainnya, dan pasien yang sel kankernya telah menyebar ke bagian tubuh lain.

Klasifikasi Osteosarkoma

Penyakit Osteosarkoma memiliki klasifikasi sebagai berikut:
  • Local Osteosarkoma
    Dalam Local Osteosarkoma ini sel kanker yang terdapat pada seseorang belum menyebar ke bagian tubuh/ tulang yang lainnya. Hal ini bisa disebabkan oleh tingkat sensitifitas seseorang terhadap keadaan tubuhnya sehingga sedikit saja merasakan kelainan maka akan segera mengidentifikasi dan atau pergi ke dokter untuk melakukan diagnosa. Makanya itu, untuk mencegah penyakit ini semakin berkembang peranan diagnosa dini sangat diperlukan.
  • Metastatic Osteosarkoma
    Berbeda dengan level Local Osteosarkoma, pada Metastatic Sarkoma sel kankernya telah menyebar ke bagian tubuh lainnya dan tak jarang pula yang telah sampai ke paru-paru kalau tak segera diketahui.
  • Osteosarkoma Berulang
    Osteosarkoma berulang artinya penyakit kanker yang tadinya telah tertangani, kambuh lagi (recurred). Hal ini bisa terjadi pada bagian tulang yang sama dengan ketika pertama kali Osteosarkoma muncul, atau bisa juga pada bagian tubuh yang lainnya. Osteosarkoma berulang memang langka terjadi, namun bukannya tidak mustahil.

Gejala-Gejala Osteosarkoma

Sama seperti jenis penyakit lainnya, Osteosarkoma juga memiliki gejala yang bisa dikenali untuk kemudian ditindaklanjuti. Mengetahui gejala dan tanda penyakit ini sedini mungkin sangat penting dilakukan untuk memudahkan dan mempercepat penanganan dan penyembuhannya.
Tindakan medis dan perlakuan pengobatan terhadap penderita Osteosarkoma yang sudah berada di level Metastatic Osteosarkoma (telah menyebar) tentunya berbeda dengan penderita yang masih ada di level Local Osteosarkoma.
Adapun gejala yang paling umum ditemui yang menunjukkan seseorang menderita Osteosarkoma seperti adanya keluhan rasa sakit atau adanya pembengkakan pada lengan atau kaki. Hal tersebut ialah pertanda yang paling umum ditemukan, dimana biasanya terlihat benjolan atau pembengkakan di lengan atas dekat bahu atau di atas dan di bawah lutut. Sakit yang diakibatkan oleh benjolan tersebut mungkin bentuknya tidak berbeda jauh dengan benjolan bisul yang sangat mengganggu dan menimbulkan rasa sakit.
Bahkan yang lebih parah, rasa sakit tersebut bisa sampai membangunkan penderitanya yang sedang istirahat di malam hari. Dalam beberapa kasus, Osteosarkoma yang telah membuat semakin melemahnya tulang akan membuat Anda rentan mengalami sakit ketika istirahat tengah malam.
Anak-anak yang memiliki tinggi badan di atas rata-rata biasanya yang paling sering terkena jenis kanker tulang ini. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan Osteosarkoma pada seseorang, selain banyaknya penggunaan obat-obatan untuk meninggikan tinggi badan, ada juga yang disebabkan faktor genetik.

Etiologi

Secara pasti, yang menjadi faktor penyebab terjadinya Osteosarkoma pada seseorang belum diketahui secara valid. Ada yang menganggap bahwa faktor radiasi dan virus onkogenik ialah yang menjadi penyebab Osteosarkoma. Selain itu, faktor genetik juga dianggap sebagai penyebab penyakit ini.
Anak-anak yang menderita Osteosarkoma sangat mungkin mengalami turunan genetik dari generasi sebelumnya (ayah/ibu) sekalipun belum ada peneliti manapun yang menemukan kemungkinan ini. Mungkin kelainan genetik pada kromosom seseorang bisa memicu Osteosarkoma.
Apapun itu, sebaiknya Anda memeriksakan tubuh ke otoritas medis secara berkala dan konsisten untuk mencegah kemungkinan sekecil apapun terjangkitnya Osteosarkoma atau penyakit lainnya


sumber artikel 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar