Selasa, 27 November 2012

Berita Aneh dan Unik Terbaru Mengenal Sacagawea





pasti agan pernah melihat tokoh yang satu ini.




Spoiler for Sacagawea:








Sacagawea (Sakakawea, Sacajawea) (1787 - 20 Desember 1812) adalah seorang wanita asli Amerika yang mendampingi Korps Penemuan Meriwether Lewis dan William Clark. Sebagian besar dari cerita dalam hidupnya didapat dari catatan yang tidak lengkap dan oleh karena itu dibubuhi dengan banyak legenda dan desas-desus.








Spoiler for Lewis & Clark:








Dia lahir dari suku Shoshone di daerah dekat yang sekarang menjadi kota Three Forks, Montana, dan bertunangan di usia dini dengan seorang pria yang jauh lebih tua. Namun, pada tahun 1800, ia diculik oleh sekelompok Hidatsa, dan dibawa ke desa mereka dekat Washburn, North Dakota. Karenanya ia tumbuh budaya berafiliasi dengan suku ini, namanya diambil dari frase Hidatsa untuk "Burung Wanita."







Pada usia sekitar enam belas tahun dia menikah dengan seorang penjebak Prancis, Toussaint Charbonneau, yang juga menikahi wanita lain dari suku Shoshone (Charbonneau membeli keduanya dari Hidatsa sebagai budak).







Sacagawea sedang mengandung anak pertama mereka ketika Lewis dan Clark dari Korps Discovery tiba di daerah itu untuk menghabiskan musim dingin tahun 1804-1805. Lewis dan Clark membutuhkan seseorang untuk menafsirkan bahasa Hidatsa, mereka mewawancarai Charbonneau untuk pekerjaan itu. Meskipun mereka tidak terlalu terkesan dengan dia, kesepakatan itu disepakati ketika mereka menemukan bahwa Sacagawea bisa berbicara bahasa Shoshone, bonus tambahan. Dia akan menjadi sangat berharga dalam perannya sebagai penerjemah, seperti yang terlihat di bawah ini.







Sacagawea melahirkan seorang anak laki-laki, Jean Baptiste Charbonneau, pada 11 Februari 1805 saat itu dia tinggal dengan rombongan di Fort Mandan. Dia membawa bayinya di sepanjang perjalanan ke Samudra Pasifik dan kembali. Hal ini memiliki efek yang sangat baik bagi rombongan, karena suku asli yang melihat ekspedisi itu tahu bahwa rombongan perang umumnya tidak akan bepergian dengan ibu dan anak, oleh karena itu mereka menyambut rombongan itu dengan ramah. Tidak diragukan lagi ini cukup menghilangkan sedikit konflik dengan orang yang mereka temui di sepanjang perjalanan itu.



Bertentangan dengan pandangan umum, Sacagawea tidak bertindak sebagai "pemandu" pada bagian utama dari perjalanan; pengetahuan tentang tanah yang dimiliki sacagawea terbatas pada wilayah di mana ia tumbuh. Setelah rombongan itu melewati daerah pemukiman Shoshone dia yang dulu, pengetahuan sacagawea tentang tanah itu tidak lebih besar daripada anggota kelompok lainnya. Namun dia bekerja dengan baik sebagai "pilot" di North Dakota / daerah Montana, misalnya, dia bisa membantu kelompok pada perjalanan pulang dengan menunjukkan Bozeman Pass.







Spoiler for Peta Ekspedisi Lewis & Clark:








Tugas utama Sacagawea adalah sebagai penerjemah, akan tetapi cara dia bekerja tidak efektif. Misalnya, dengan suku Shoshone, dia akan menerjemahkan ke dalam bahasa Hidatsa untuk suaminya Charbonneau, yang kemudian akan menerjemahkan ke dalam bahasa Perancis (Charbonneau tahu sedikit bahasa Inggris, tetapi beberapa orang lain dalam rombongan itu bisa bahasa Perancis). Nilai Sacagawea sebagai penerjemah Shoshone terbukti ketika mereka mencapai desa tua nya, dan ia kembali bertemu dengan adiknya, Cameahwait, yang pada saat itu menjadi seorang pemimpin suku. Hal ini memuluskan jalan dalam negosiasi untuk mendapatkan kuda yang dibutuhkan dari Shoshone.







Sebagaimana tercatat dalam jurnal ekspedisi tanggal 14 Mei 1805, Sacagawea terbukti penting bagi keberhasilan proyek ketika perahu Charbonneau terbalik di sungai. Karena tidak dapat berenang, Charbonneau menjadi panik; Sacagawea dengan tenang mengumpulkan barang-barang yang telah hilang ke sungai: peralatan, barang perdagangan dan mungkin yang paling penting, setidaknya untuk generasi masa depan adalah halaman yang basah dari buku jurnal catatan perjalanan itu sendiri.







Spoiler for Ekspedisi Lewis & Clark:








Setelah mereka kembali ke Fort Mandan, anggota ekspedisi berpisah dengan Sacagawea pada bulan Agustus 1805 Mereka menawarkan untuk membawa keluarga Charbonneau ke St Louis, menawarkan untuk menyediakan lahan bagi keluarga untuk pertanian dan pendidikan untuk Jean Baptiste. Tawaran ini telah ditolak pada saat itu, akan tetapi pada tahun 1809 keluarga Charbonneau pindah ke St Louis. Charbonneau meninggalkan lahan pertaniannya setelah beberapa bulan, dan dengan Sacagawea kembali ke Fort Manuel (dekat North Dakota sekarang / perbatasan South Dakota) dan meninggalkan Jean Baptiste dalam perawatan William Clark.







Catatan Fort Manuel menunjukkan bahwa Charbonneau kemudian meninggalkan Sacagawea ketika ia sedang melakukan perjalanan lebih lanjut, dan bahwa Sacagawea meninggal pada Desember 1812 akibat "demam busuk" (saat ini disebut diphteria). Dia meninggal pada usia sekitar 25 tahun pada saat itu.







Sacagawea digambarkan pada prangko AS pada tahun 1994, dan dia beserta anaknya Jean Baptiste digambarkan pada koin dollar Amerika Serikat.







Spoiler for Perangko Sacagawea:




Spoiler for Koin Sacagawea:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar