Senin, 26 November 2012

Gila,Wanita Buta Huruf Tipu Tetangga Rp 115 Juta


Berita Terbaru Online - Lantaran menipu dua orang tetangganya, Magdalena Ato warga Jalan Kupang kilometer 5, Kelurahan Maubeli, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur dilaporkan ke Polres TTU. Dua warga yang melapor masing-masing Guido Oki dan Hilaria Hoar Nahak Tei. Guido ditipu Rp 89 juta dan Hilaria Rp 26,9 Juta.
Gila,Wanita Buta Huruf Tipu Tetangga Rp 115 Juta - http://sergap-berita.blogspot.com/

Modus yang digunakan Magdalena dengan investasi bodong. Pelaku meminta kedua warga ini menyetor Rp 1.250.000, dengan janji keduanya akan mendapatkan kembali uang Rp 100 juta.

"Awalnya pada bulan Februari 2012 lalu, dia datang membawa nama salah satu bank dan menurutnya kegiatan tersebut di luar dari kegiatan bank dengan melampirkan daftar nama, nomor, sejumlah uang yang kita terima dan kewajiban yang harus kita masukkan. Jadi satu nomor kita tarik Rp 100.000, kemudian dari nomor yang kita tarik tersebut, kita diharuskan buka rekening Rp 150.000. Kemudian kita setor lagi Rp 1 juta ke Magdalena untuk satu nomor itu, sehingga total semua 1.250.000. Nanti kita dijanjikan akan mendapat Rp 100 juta," kata Guido kepada Kompas.com di ruang LSPK Polres TTU, Senin (26/11/2012).

Guido mengaku sampai saat ini dirinya telah memiliki 16 rekening di bank dengan 38 nomor. "Saya percaya saja, selain karena kami bertetangga, di daftar lampiran yang dibagikan ke kami, terdapat nama keluarga dan kenalan," beber Guido.
Pada saat uang tersebut disetor, lanjut Guido, mereka dijanjikan akan mendapatkan Rp 100 juta satu bulan kemudian, sehingga karena tergiur, maka Guido memperbanyak jumlah uangnya sampai Rp 89 juta yang disetorkan ke Magdalena.

"Setelah kami tunggu-tunggu, ternyata bonus yang dijanjikan tak kunjung ada. Karena itu, saya menanyakan ke Magdalena, namun dijawabnya dengan berbagai alasan. Bahkan pada 24 Oktober 2012 kemarin kami sudah sempat lapor ke polisi, tetapi saat itu Magdalena berjanji akan mengembalikan semua uang kami pada 26 November 2012 hari ini. Dan waktu itu sempat dibuat surat pernyataan yang bermaterai, tetapi tadi pagi kami tagih uangnya tetapi dia cuek, hingga akhirnya kami laporkan dia ke polisi," beber Guido.

Sementara itu di tempat yang sama, Magdalena membantah dirinya menipu para tetangga itu. Magdalena mengaku dirinya juga adalah korban penipuan dari orang tidak dikenal yang ditemuinya di depan halaman bank BRI Kefamenanu. "Saya juga kena tipu Rp 16 juta dari orang yang ciri-cirinya tinggi, berkulit putih dan memakai topi hitam (peci) dan berasal dari Jawa," katanya.
Magdalena mengungkapkan, pria itu muncul bersama istrinya dengan membawa sebuah mobil dan bertemu dengan dirinya di depan kantor BRI. Pria itu memberinya uang Rp 30 juta dan menyuruh saya untuk menjalankan sistem ini dengan mencari anggota kelompok sebanyak-banyaknya.

"Saya sudah setor semua uang anggota ke pak itu, dan setiap kali saya setor lokasinya di depan BRI. Namun dalam beberapa bulan ini, pak itu tidak muncul lagi sehingga saya jadi bingung. Saya ini orang buta huruf, tidak tahu urus yang beginian pak," jelas Magdalena memelas.
Terkait hal itu, Kapolres TTU AKBP I Gede mega Suparwitha mengatakan, laporan polisinya baru dibuat dan saat ini ketiganya masih diperiksa secara intesif di Unit Reskrim.

sumber Kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar