Senin, 12 November 2012

legenda ras raksasa primitif Cyclops atau Kyklops

dalam mithology yunani Cyclops atau Kyklops (yunani Κύκλωψ), , adalah salah satu ras raksasa primitif yang mana hanya mempunyai satu buah mata di keningnya,. arti nama nya sendiri adalah bulat atau satu mata.
menurut Hesiods Theogony, zeus melepaskan 3 Cyclops anak uranus dan Gaia dari lubang kegelapan Tartarus. mereka lalu mempersembahkan 3 buah senjata yaitu,. Petir untuk Zeus, Helm keabadian untuk Hades dan trisula untuk Poseidon, yang digunakan para dewa tersebut untuk mengalahkan Titan,. sebenarnya, ada 2 versi cerita tentang cyclops yang masih menjadi perdebatan para akademisi sampai sekarang yaitu :
Hesiod's Cyclops
dalam theogony, para cyclopes yaitu Brontes, Steropes, dan Argesanak anak dari Uranus dan Gaia, saudara dari the Hecatonchires(raksasa dengan seratus tangan). Mereka bertiga adalah raksasa dengan satu mata didahinya. Menurut Hesiod, mereka sagat kuat, keras kepala dan penuh emosi. Mereka juga menjadi symbol akan kebrutalan dan kekuatan,. Nama mereka sering dipija oleh para penganut masonry dan diukirkan pada senjata.



Uranus takut akan kekuatan mereka bertiga,sehingga mengurung mereka didalam Tartarus. [b]Cronus salah satu anak dari Uranus membebaskan mereka dan bersama dengan Hecatonchires mereka menyingkirkan Uranus. Tetapi pada akhirnya Cronus menjebloskan mereka kembali kedalam lubang Tartarus dimana mereka lalu dijaga oleh she-dragon Campe dimana pada akhirnya dibebaskan oleh zeus. Mereka membuatkan zeus petir yang digunakan zeus sebagai senjata untuk mengalahkan cronus dan para titan lainnya. Masing masing Cyclops menyusun petir yang menjadi senjata utama zeus, Arges memberikan cahaya, Brontes memberikan gemuruh dan Steropes memberikan kilat.
Para Cyclops juga membuat trisula untuk Poseidon, bususr dan panah untuk Artemis dan helm kegelapan untuk Hades yang diberikan pada Perseus dalam perjalanannya untuk membunuh medusa. Disebutkan juga bahwa para Cyclops membangun bentengcyclopean di Tiryns dan Mycenae - Peloponnese. Suara gemuruh dari dasar gunung berapi selalu mengiringi kebisingan mereka ketika sedang membuat senjata.

para Cyclops kemudian dibunuh oleh Apollo setelah Zeus membunuh anaknya Asclepius dengan petir yang dibuat oleh para Cyclops.
Homer's Cyclopes
Cyclopes adalah raksasa bermata satu yang mendiami sebuah pulau yang memiliki nama yang sama. Menurut Homer, Cyclops adalah anak dari Poseidon dan Thoosa yang diberi nama Polyphemus, cyclop lainnya bernama Telemeus yang memiliki kemampuan paranormal.

 Polyphemus,

dalam buku ke 9 Homer's Odyssey,, sekelompok awak kapal yang dipimpin oleh Odysseus mendarat di pulau Cyclopes dan menemukan sebuah gua besar, mereka memasuki gua tersebut dan menghabiskan makanan yang terdapat disana. Goa ini adalah sarang dari Polyphemus. ketika ia kembali, Pdysseus dan para awaknya mencoba berteman dengannya, tetapi Polyphemus langsung menangkap mereka dan hendak memakan mereka.,. Odisseus pun merencanakan sebuah rencana untuk meloloskan diri. untuk membuat Polyphemus tidak berselera,. odisseus memberikan minuman berupa anggur yang sangat keras yang dibawanya didalam kapal. ketika Polyphemus menanyakan nama Odisseus,. Odisseus memberitahulan namanya sebagai Outis yang dalam bahasa yunani berarti "bukan siapa siapa". sesaat ketika raksasa tersebut mabuk dan tertidur odissey dan awak nya mengambil obor dan menusukannnya ke mata raksasa tersebut.. Polyphemus menangis dan berteriak meminta pertolongan kepada raksasa lainnya,. tetapi mereka pergi ketika Polyphemus mengatakan bahwa "bukan siapa- siapa" yang melukai matanya.




pagi harinya, Odissey mengikat para awak kapalnya di bagian perut domba domba milik Polyphemus. ketika cyclops tersebut melepaskan dombanya di padang rumput, maka Odissey dan awaknya pun ikut keluar dari gua tersebut,. karena Polyphemus buta, maka ia tidak dapat melihat siapapun tetapi ia tetap waspada dengan memegang punggung domba2nya untuk memastikan bahwa tidak seorangpun yang menaikinya,. Odissey dan awaknya pun berhasil meloloskan diri, Odissey lalu berteriak "Cyclops, jika ayahmu bertanya siapa yang membutakan matamu, katakan padanya bahwa aku Odissey perampok kota kota kaya, penghancur troy, anak dari Laertes dan penguasa dari Ithaca". setelah mengetahui siapa yang melukainya, Polyphemus meminta kepada ayahnya yaitu Poseidon untuk mencegahnya pulang kembali ke Ithaca atau paling tidak menenggelamkan kapalnya. <--------- klo gw lanjutin ceritanya,. bakal ada banyak mahluk laen .


cerita tentang Odissey ini lah yang paling sering dipentaskan,. satu2nya pertunjukan dengan tema tersebut berjudul Cyclops ditulis oleh Euripides.
seniman sicilia bernama Theocritus menulis 2 puisi circa pada 275 sebelum masehi.. diseritakan bahwa Theocritus jatuh cinta pada Galatea seorang peri laut,. ketika Galatea lebih memilih Acis seorang manusia biasa sebagai suaminya,. Theocritus yang cemburu membunuh Acis dengan memukulkan batu besar. Galatea lalu mengubah darah Acis menjadi sebuah sungai yang sampai sekarang disebit Sicily.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar