Minggu, 04 November 2012

Berita Aneh dan Unik Terbaru Wisata Kuliner di Mojokerto


Mojokerto adalah salah satu kota kecil yang berada sekitar enam puluh kilometer dari pusat pemerintahan daerah tingkat satu Propinsi Jawa Timur, Surabaya. Mojokerto terbagi atas dua wilayah, yaitu wilayah kabupaten dan kota. Tetapi, meskipun demikian tempat wisata kuliner di wilayah ini kiranya dapat dikatakan sama.

Sebenarnya, sejak jaman dulu Mojokerto dikenal sebagai kota tujuan wisata kuliner. Ada banyak makanan yang merupakan makanan khas Mojokerto, salah satunya onde-onde. Tetapi, jika Anda telusuri setiap sudut wilayah Mojokerto, baik kota maupun kabupaten, maka tempat-tempat wisata kulinernya sama.

Mojokerto merupakan salah satu wilayah di negeri ini yang pada jaman dahulu merupakan pusat pemerintahan kerajaan terbesar di negeri ini, yaitu Majapahit. Tetapi, jika Anda menelusuri beberapa sudut wilayah ini, maka ada banyak tempat yang dapat dijadikan sebagai tujuan wisata kuliner. Beberapa tempat tersebut adalah:



• Bakso kerikil di depan Taman Makam Pahlawan

Bakso kerikil ini merupakan kuliner sederhana sebab keberadaannya tidak begitu mewah dan hanya ada ketika menjelang magrib saja. Bakso kerikil ini sebenarnya dapat dijadikan sebagai tempat wisata kuliner yang sangat presentatif sebab mempunyai kekhasan tersendiri dibandingkan jenis bakso yang lainnya.

Jika selama ini keberadaannya di depan Taman Makam Pahlawan hanya sebagai ‘ampiran’ saja, maka ke depannya harus dikelola secara sistematis. Wisata kuliner bakso kerikil ini jika dikelola secara baik, maka dapat menjadi icon memperkenalkan wilayah Mojokerto.

• Krupuk Upil di Alun – Alun Kota

Krupuk upil adalah satu jenis krupuk yang proses penggorengannya dilakukan dengan menggunakan pasir panas. Dan, krupuk adalah makanan ringan yang sudah begitu umum di masyarakat. Biasanya, krupuk dimakan sebagai pendamping makan.

Sebagai kudapan, untuk menyempurnakan rasanya, maka krupuk upil didampingi dengan sambal petis. Sambal petis ini merupakan bumbu yang lezat dan mampu meningkatkan kenikmatan makan krupuk upil. Jika Anda melwati Kota Mojokerto, sebaiknya Anda mampir sebentar ke Alun-alun Kota, khususnya saat malam untuk menikmati wisata kuliner krupuk upil ini.. Kita dapat memuaskan selera kuliner kita di sana. Dan, yang penting harganya tidak mahal, bahkan sangat ekonomis.



• Sate Keong SMK Brawijaya

Keong adalah satu jenis hewan bercangkang yang banyak hidup di persawahan. Keberadaan keong ini oleh para petani dianggap pengganggu sebab jika mereka hidup di sela-sela batang padi, maka keong memakan batang padi tersebut. Tetapi, jika mereka diolah menjadi makanan, sebenarnya sangat prospektif sebagai salah satu wisata kuliner yang menarik.

Ada 2 (dua) macam keong, yaitu keong kecil dan keong besar. Kedua macam keong ini sebenarnya mempunyai rasa yang nikmat jika dimasak menjadi makanan. Tentunya dalam hal ini dibutuhkan kreativitas agar kita dapat menjadikan makanan dari keong ini sebagai bagian dari wisata kuliner. Dan, salah satu masakan lezat yang dapat diunggulkan adalah sate keong.

Untuk mengolah menjadi sate dan menjadikannya tujuan wisata kuliner, kita harus mengeluarkan keong dari cangkangnya. Proses pengeluarkan keong dari cangkangnya diawali dengan merebusnya hingga mendidih. Setelah itu, kita mencongkel keong dari cangkangnya. Jika keong sudah keluar dari cangkangnya, maka kita dapat menusuknya dengan tusuk sate dan membakarnya diatas bara arang. Maka jadilah sate keong yang lezat jika diberi bumbu sebagaimana umumnya.

Sate keong ini dikenal dengan nama sate keong SMK Brawijaya sebab tempat mangkalnya ada di depan SMK Brawijaya. Oleh karena itulah, Anda hanya bisa makan disana malam hari. Dengan suasana yang begitu indah, maka sebenarnya sate keong SMK Brawijaya ini mempunyai prospek baik untuk dijadikan wisata kuliner di Kota Mojokerto. Apalagi jika mengetahui harganya yang sangat murah.

• Sambel Wader di Kolam Segaran

Wader adalah salah satu jenis ikan air tawar yang banyak didapatkan di perairan negeri ini. Setiap daerah sebenarnya mempunyai jenis ikan ini. Wader termasuk jenis ikan air deras. Ternyata, jika kita mengolah ikan ini menjadi makanan, sangat lezat dan gurih. Semakin kreatif kita dalam mengolah ikan ini, maka semakin enak rasa yang didapatkan. Oleh karena itulah, perlu kita pikirkan bagaimana caranya untuk dapat menjadikannya sebagai tujuan wisata kuliner.

Di daerah Segaran, yaitu kolam besar peninggalan Kerajaan Majapahit yang disebut Kolam Segaran ada sebuah warung yang begitu piawai dalam mengolah ikan wader menjadi masakan yang lezat. Sebenarnya bukan masakan yang wah, tetapi kenikmatannya sungguh memikat hati. Setiap saat warung tersebut selalu penuh dengan pembeli. Jika tempat ini dikelola sebagai tujuan wisata kuliner Mojokerto, pasti dapat berkembang pesat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar