Senin, 05 November 2012

makanan yang diduga penyebab penyakit

Ada fakta yang menarik tentang makanan yang selama ini kita anggap sehat, ternyata juga bisa menyebabkan penyakit. Paling tidak menurut data yang dilaporkan oleh Center for Science in the Public Interest (CSPI).

Lembaga tersebut menganalisa data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) tentang penyakit yang timbul yang disebabkan oleh makanan mulai tahun 1990. Kebanyakan penyakit timbul karena kontaminasi norovirus, bakteri E.coli serta salmonela.

"Kami tidak merekomendasikan konsumen untuk mengubah pola makan. Tujuan kami adalah untuk melobi anggota Kongres untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap sistem keamanan pangan nasional," kata Caroline Smith DeWaal, Ketua Program Keamanan Pangan CSPI.

Kesepuluh bahan makanan yang sering dilaporkan menyebabkan penyakit, antara lain telur, tuna, kerang, kentang, keju, es krim, tomat, tauge, dan buah berry.

Namun, tidak jelas benar apakah makanan itu sendiri bisa disalahkan sebagai penyebab timbulnya penyakit. Misalnya saja tomat, tidak jelas apakah tomat yang menyebabkan penyakit atau bahan makanan lain dalam salad.

Karena itu, para peneliti meminta para konsumen agar melakukan tindakan pencegahan, misalnya memastikan agar makanan dimasak dengan benar dan dicuci bersih, serta menghindari konsumsi daging, termasuk makanan laut secara mentah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar