Selasa, 06 November 2012

Tips and Tricks NullDC - Emulator Dreamcast

Meskipun konsol dreamcast tidak mengalami kesuksesan seperti pesaingnya yaitu PS1 dan PS2, namun konsol ini juga memiliki beberapa game yang bisa dibilang melegenda, seperti Soul Calibur dan Shenmue.

Sayang sekali sekarang sangat sulit untuk mendapatkan konsol ini, karena dreamcast dan game2nya sudah tidak diproduksi lagi.

Untungnya masih ada cara untuk memainkan game2 dreamcast di komputer, yakni dengan menggunakan software emulator. Untuk Windows OS salah satu emulator yang terbaik saat ini adalah NullDC.

NullDC dapat mengemulasi hardware Dreamcast dengan cukup baik, dan banyak game2 Dreamcast yang kompatibel dengan emulator ini. Jika anda tertarik menggunakannya, selain program NullDC itu sendiri anda juga membutuhkan BIOS dreamcast, yang bisa didapatkan dengan mudah di internet dari Googling. Juga, anda membutuhkan file d3dx9_37.dll yang merupakan komponen dari DirectX 9c, bisa didapatkan dengan menginstall directX 9 rilis terbaru atau download di internet.

Untuk hardware requirement sendiri NullDC mensyaratkan minimal prosesor setara AthlonXP, VGA yang mendukung DirectX 9, 256 MB RAM, dan OS WinXP/2000/2003. Saya sendiri menjalankan NullDC dengan komputer Athlon64 4200+, 2 GB RAM, GeForce 7200 GS, dan WinXP SP3 dan mendapatkan FPS (Frame Per Second) sekitar 60 dengan resolusi 800x600/16bit. Dengan FPS minimal 50 anda sudah dapat memainkan game2 dreamcast dengan nyaman dengan gambar yang tidak terputus-putus.


Game Soul Calibur jalan di NullDC

Nah, setelah anda mendapatkan semua file yang dibutuhkan, bagaimana cara main Dreamcast tanpa gamenya? Karena sekarang hampir tidak mungkin mendapatkan game dreamcast di pasaran, satu-satunya cara anda harus mendownload ISO image game dreamcast di Internet. Banyak situs yang menyediakan ISO image untuk dreamcast, seperti http://www.get-your-rom.com dan http://www.emuparadise.org. Mengingat ukuran file ISO cukup besar, sekitar 700 - 800 MB, diperlukan waktu yang lumayan untuk mendownloadnya. Untungnya di kedua situs yang saya sebutkan tadi file2 tersebut dipecah menjadi beberapa bagian, dengan ukuran 50 - 100 MB per bagian, sehingga anda tidak harus mendownload semua 700 MB file sekaligus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar