Jumat, 27 April 2012

Mengenal Aquascape


Beberapa hari yang lalu saya berkunjung ke toko ikan hias untuk membeli makanan ikan. Setibanya disana saya terpesona oleh keindahan sebuah akuarium yang didalamnya tampak seperti taman dalam air. Saya pun bertanya kepada pemilik toko, akuarium jenis apakah yang seperti ini? Setelah mengobrol lebih dalam saya akhirnya mengetahui bahwa akuarium itu bukan akuarium untuk mendisplay ikan hias namun untuk menghadirkan suasana alam dalam air atau lebih dikenal dengan Aquascape.

Akuascape merupakan suatu kegiatan yang menggabungkan antara kemampuan menata, kemampuan seni, kemampuan memelihara, dan kemampuan seseorang untuk mempertahankan biota air yang ada di dalamnya. Aquascape sendiri tidak terlalu mementingkan ikan hias seperti akuarium pada umumnya. Yang diutamakan dalam aquascape adalah keindahan seni menata di dalam air, sedangkan ikan hanya digunakan sebagai pelengkapnya saja. Namun, peran ikan didalam aquascape cukup penting. yaitu sebagai pembersih alga didalam akuarium. Selain itu aquascape juga memiliki berbagai gaya yaitu :
 1. Taiwan style
 2. Dutch style
 3. Germany style
 4. Nature aquarium style
 5. Iwagumi style
 6. Wabi kusa style
 7. Zen garden aquascape

Ketujuh gaya aquascape tersebut, memiliki perbedaan masing-masing seperti contohnya antara wabi-kusa style dengan iwagumi style. Jika wabi-kusa style menggambarkan suasana layaknya pulau terapung, berbeda dengan Iwagumi style yang cenderung memasukan unsur pegunungan dengan banyaknya rumput dan bebatuan indah yang semakin menimbulkan kesan alami. Tertarik untuk mencobanya?  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar