Rabu, 25 April 2012

Tweet Yang Tidak Perlu Dilakukan Ketika Terjadi Bencana





Twitter memang menjadi sosial media yang paling update. Setiap terjadi sesuatu di bagian bumi manapun semua orang dibelahan bumi lainya akan segera tahu meskipun belum melihat beritanya secara langsung. Misalnya saat terjadi gempa bumi di Jepang satu tahun lalu, dalam waktu sekejap seluruh dunia akan tahu dan tak lama kemudian langsung menjadi trending topic worldwide di jejaring social twitter.
 


Namun, diantara sekian banyak pengguna twitter terdapat beberpa orang yang membuat tweet mengenai bencana yang terjadi namun hanya untuk lucu-lucuan atau hanya numpang tenar dengan memanfaatkan moment. Berikut adalah beberapa contohnya :


1. Mengetweet hanya Untuk Lucu-lucuan 
   
  "Telah terjadi gempa bumi berkekuatan 9,1 SR di daerah XXX mengakibatkan 30 orang meninggal, 51 orang luka-luka, dan 1 orang kena tipu"


 Bagi mereka, tweet tersebut lucu. Namun apa jadinya bila salah satu dari pembaca tweet mereka adalah orang yang memiliki sanak saudara, orang tua, atau anak yang berada didaerah tersebut??? Pasti mereka langsung khawatir, panik, dan begitu mereka tau bahwa tweet tersebut palsu atau hanya untuk sekedar bahan lelucon,pastinya mereka akan marah besar.


2. Mengetweet Untuk Meminta Bencana


   "Coba aja gempa buminya disini aja pasti udah pulang daritadi"


  Mungkin mereka mengetweet untuk menghibur diri mereka sendiri, tapi coba anda bayangkan bila pembaca tweet mereka adalah salah satu korban bencana alam itu, atau bisa saja mereka kehilangan anggota keluarga akibat bencana tersebut. Apa jadinya?


3. Tweet ingin di-RT
    
   " Yang tadi ngerasain gempa RT pleaseeeeeeeeee"


 Ini dia tweet yang paling norak untuk di tweet. Mereka memanfaatkan bencana yang terjadi hanya untuk mencari ketenaran di dunia maya. Biar banyak yang meretweet dan dia pun akan terlihat semakin eksis di dunia maya. 


Yahh,,,begitulah kira-kira gambaran orang-orang  yang manfaatkan kebebasan di dunia maya. Meskipun bebas melakukan sesuatu di dunia maya patut dipertanggung jawabkan kebenarannya. Melakuakn pembohongan publik dapat diancam dengan hukuman kurungan selama beberapa tahun loh! Jadilah pengguna twitter yang cerdas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar