Sabtu, 28 April 2012

Skype gunakan wajah manusia sebagai pengganti chat emoticon

Skype gunakan wajah manusia sebagai pengganti chat emoticon

Emoticon atau smiley atau juga biasa disebut kaomoji dalam bahasa Jepang adalah suatu gabungan beberapa karakter dalam tulisan di keyboard desktop maupun handset. Fungsi dari emoticon adalah untuk penegas atau pengungkap ekspresi tulisan seseorang.

Hampir semua situs yang mempunyai fitur chatting ataupun software P2P bahkan BBM dan SMS atau MMS support untuk dipakai menampilkan emoticon. Beberapa waktu lalu, Skype telah melakukan satu kampanye yang bertemakan kembali menjadi manusia. Hal ini bukan mempunyai artian manusia sekarang bukan manusia, namun Skype lebih menyoroti akan fenomena penggunaan situs jejaring sosial dan internet telah membuat manusia lupa akan berinteraksi dengan manusia di dunia nyata.

Untuk meneruskan kampanyenya tersebut, hari ini Skype menciptakan satu tagline kampanye lagi yang berbunyi "It's Time for Skype". Dalam kampanyenya kali ini, Skype telah menciptakan satuplatform emoticon yang dapat digunakan oleh pengguna Facebook. Skype menamakan platformemoticon barunya ini dengan nama humoticons atau emoticon yang menampilkan ekspresi wajah manusia sebenarnya.

Menurut Blogs.Skype.com, emoticon dalam humoticons ini merupakan wajah pengguna Facebook sendiri. Pengguna Facebook hanya perlu menggunakan fasilitas webcam untuk mengcapture ekspresi wajah mereka kemudian mengirimkan foto-foto ekspresi tersebut ke Skypehumoticons.com atau keApps.Facebook.com/humoticons.

Setelah mengirimkan foto-foto ekspresi wajah tersebut, maka penggunanya dapat mengunduh atau menyalin URL foto ekspresi yang telah dibuat dalam format emoticon tersebut untuk dipakai sebagai pengganti emoticon conventional sebelumnya. Salah seorang pengembang di Skype mengatakan bahwa tidak ada yang dapat menggantikan ekspresi wajah seorang manusia, oleh karenanya Skype mencoba membawa kesan 'manusia' ke dalam dunia chatting.

Forbes.com juga mengulas bahwa salah satu kampanye Skype yang telah menghabiskan dana sebesar USD 12 juta tersebut adalah menciptakan humoticons. Skype juga sangat serius dalam berkampanye untuk benar-benar membawa manusia kembali ke dunia nyata tanpa harus terbelenggu dalam lingkup jejaring sosial dan internet setiap waktu.

Dua pertanyaan dari Mashable.com adalah apakah dengan menggunakan humoticons ini akan dapat membawa manusia kembali ke dunia nyata? Ataukah hal ini hanya strategi Skype untuk menarik minat pengguna internet agar bersedia menggunakan jasa layanan P2P milik Skype? Ada yang ingin mengomentari hal ini?

source: http://www.merdeka.com/teknologi/skype-gunakan-wajah-manusia-sebagai-pengganti-chat-emoticon.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar